Portal Kabupaten Sijunjung

TANJUANG LABUAH DILANDA BENCANA ALAM

0

Akibat hujan lebat yang turun dari soreh sampai malam hari pada Jumat (7/12), banyak terjadi bencana alam di Nagari Tanjuang Labuah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung.

Bencana alam yang terjadi, dalam bentuk banjir, tanah longsor serta pohon dan tiang listrik yang tumbang, sehingga banyak rumah tempat beribadah dan rumah penduduk yang digenangi air, tertimbun tanah longsor dan ditimpa pohon.

Bahkan sembilan titik jalan dari Nagari Tanjuang Labuah ke Nagari Sumpur Kudus tertimbun tanah longsor dan terhalang oleh pohon dan tiang listrik yang tumbang. Disamping itu, saluran irigasi, saluran air bersih, sawah dan kolam ikan masyarakat juga banyak yang jebol.

“Dari sembilan titik jalan yang tertimbun tanah longsor dan terhalang oleh pohon dan tiang listrik yang tumbang, tiga titik kondisinya sangat parah. Tertimbun tanah longsor sepanjang 200 meter, 100 meter dan 50 meter, sehingga sampai Minggu (9/12) arus transportasi dari Nagari Tanjuang Labuah ke Nagari Sumpur Kudus masih putus total. Karena kondisi jalan yang sangat berat dan cuaca yang kurang bersahabat, curah hujan cukup tinggi, tanah longsor yang menimbun badan jalan sepanjang 350 meter pada tiga titik itu, baru hari ini kami bersihkan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung, Hardiwan, SP melalui telepon genggamnya, Minggu (9/12).

Selain arus transportasi yang putus total, akibat banjir serta tanah longsor dan pohon tumbang, 21 unit rumah penduduk digenangi air, satu unit hancur, empat rusak berat dan delapan unit rusak ringan.

Rumah tempat beribadah yang rusak dua unit, saluran irigasi yang rusak parah satu unit, saluran air bersih yang jebol  satu unit, sawah yang rusak delapan hektar dan  kolam ikan yang jebol delapan buah.

“Meski ada rumah yang hancur, namun bencana alam yang terjadi tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Berapa kerugian yang diderita masyarakat, belum diketahui secara pasti,” jelas Hardiwan.

Tanah longsong yang mengantam rumah penduduk,  telah dibersihkan oleh aparatur BPBD bersama polisi, TNI dan masyarakat. Sementara jalan yang tertimbun tanah longsor dan pohon yang tumbang,  dibersihkan dengan alat berat oleh aparatur BPBD bersama aparatur Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sijunjung, Minggu (9/12).

Disamping bencana alam yang terjadi di Nagari Tanjuang Labuah, jalan raya lintas Sumatera di kawasan Bukik Sabalah, Kecamatan Tanjung Gadang serta di Bukik Talauang dan di Sungai Lansek, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, juga terban dan dilanda banjir, tambah Hardiwan. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.