Portal Kabupaten Sijunjung

TANAMKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT BAGI PESERTA DIDIK

0

Aparatur Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung gelar Jambore Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang diikuti murid SD, SMP dan SMA di Gedung Pancasila Muaro, Selasa (14/8).

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Dinas Kesehatan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pretasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya”, kata Sekretaris Dinas Kesehatan, Mendro Suarman saat membacakan laporan kegiatan.

Adapun peserta jambore UKS dan PKPR terdiri dari 52 orang SD, 13 orang SMP, 13 orang SMA, 13 orang pelaksana UKS dan 13 orang pelaksana PKPR yang akan mengikuti berbagai lomba, yaitu lomba dokter kecil berupa ujian tulis dan melukis pester PHBS, lomba yel-yel imunisasi MR, penyuluhan imunisasi MR oleh Siswa SMP, lomba penyuluhan berhenti merokok bagi teman sebaya oleh Siswa SMA,” terangnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah, Zefnihan AP,MSi mengatakan UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin agar dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

”Remaja sendiri, lanjut dia, adalah generasi penerus bangsa sehingga perlu mendapat perhatian serius untuk meningkatkan kualitasnya. Diharapkan semua puskesmas dapat melakukan pelayanan PKPR, dan mampu melakukan pembinaan sekolah yang melaksanakan UKS,” jelasnya.

Lebih lanjut, salah satu bentuk kegiatan yang dapat membina pelajar adalah jambore UKS dan PKPR sehingga peserta jambore dapat menjadi contoh atau tauladan bagi teman di sekolah maupun di masyarakat.

Ia mengajak mari kita menyebarluaskan informasi kesehatan melalui pesan-pesan atau poster kesehatan.

“Mudah-mudahan dengan adanya poster, masyarakat Kabupaten Sijunjung ingin hidup sehat dengan artian sehat fisik, mental, sosial maupun lingkungan masyarakat”, harapnya.
Turut hadir pada saat itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Perwakilan Masing-masing OPD serta undangan lainnya. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.