Portal Kabupaten Sijunjung

TAHUN 2017, KIOS IKAN BAKAL DIBANGUN DI PASAR KAMANG

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Peternakan dan Perikanan, tahun 2017 mendatang akan membangun kios ikan di Pasar Nagari Kamang Kecamatan Kamang Baru.

Pembangunan kios ikan di Pasar Nagari Kamang tersebut memanfaatkan dana APBD Kabupaten Sijunjung.” Kios mini ikan itu rencananya akan kita bangun di Pasar Nagari Kamang dengan mengunakan dana ABPD sebesar Rp250 juta,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Sutarto, Selasa (27/12).

Sutarto mengatakan, pembangunan kios mini ikan tersebut mengingat Pasar Nagari Kamang belum memiliki tempat atau kios bagi pedagang ikan.Para pedagang ikan  yang datang setiap hari pasar mengelar dagangannya berpencar-pencar.

Aktivitas seperti itu, sebut Sutarto, selain tidak tertata atau berada di satu tempat, juga menyulitkan para pembeli.Bahkan, limbah atau air bekas dagang ikan sering menimbulkan bau tak sedap dan  mengganggu  warga yang berada di sekitar pasar.

“Pembangunan kios ikan itu untuk menciptakan rasa nyaman, bersih dan higienis, baik bagi  pedagang maupun pembeli,” ucapnya.

Meski baru sebatas rencana, sambung Sutarto, pihaknya telah memberitahu  Pemerintahan Nagari Kamang.Dan Pemerintahan Nagari Kamang secara lisan telah menyanggupi untuk menyediakan lahan untuk pembangunan kios mini ikan tersebut.“Secara lisan Pak Walinagari Kamang sudah menyanggupi,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, sejak tahun 2010 hingga tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Sijunjung telah membangun sembilan kios mini ikan di sejumlah pasar nagari.Kesembilan kios mini ikan itu dibangun dengan mengunakan dana alokasi khusus (DAK) Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

Kesembilan kios mini ikan tersebut tersebar disejumlah pasar nagari di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.Diantaranya, di Pasar Sijunjung, Pasar Sungai Tambang, Pasar Kumanis, Pasar Lubuk Tarok, Pasar Kamang Pasar Kunangan Parik Rantang, Pasar Muaro, Pasar Sijunjung dan kios mini ikan Pasar Tanjung Gadang.-zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.