Portal Kabupaten Sijunjung

SUARA UNTUK PERUBAHAN

0

Bapppeda melaksanakan kegiatan Diseminasi Program Voice for Change Partnership Programme (V2CP) di ruang rapat Bapppeda pada Senin (15/5). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh OPD dengan narasumber, Firdaus Jaman dari PKBI Sumbar dan Febrizal Ansori, SE, MM dari Bapppeda.

Program V4CP adalah bentuk kemitraan Pemerintah Indonesia dengan Organisasi Pembangunan Belanda (SNV) yang beroperasi di 38 negara dalam bidang sanitasi (STBM). STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

SNV memiliki program Kemitraan Global Advokasi Berbasis Data (Voice for Change Partnership Programme) untuk 2016-2020 dengan Pemerintah Belanda yang dilaksanakan di 6 (enam) negara termasuk Indonesia.

Di Indonesia tujuan utama program ini adalah Washington (Air bersih, kebersihan dan sanitasi) dan keamanan gizi pangan (FNS). Khusus untuk Kabupaten Sijunjung, program yang diberikan adalah WASH.

Berdasarkan data Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Sijunjung tercatat 14.000 KK belum memiliki jamban dimana 9.000 KK diantaranya merupakan keluarga miskin.  Menurut STBM Indonesia tercatat 69,95% KK di Kabupaten Sijunjung telah memiliki jamban, diantaranya terdapat 3 nagari yang telah 100% memiliki jamban yaitu Kampung Baru, Bukit Bual, Batu Manjulur. Pemerintah daerah berkomitmen melakukan penyelamatan terhadap sanitasi dengan memuat  kegiatan ini dalam Renstra OPD dan RPJMD 2016-2021.

Program ini juga memperoleh bantuan dari Bank Nagari lewat dana CSR mereka yang nantinya difasilitasi Forum Kabupaten Sehat. Kemudian bantuan dari dana nagari yang akan difasilitasi DPMN.

Dengan adanya program ini, diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Sijunjung telah memiliki jamban terutama bagi 9.000 KK miskin. Hal ini tidak terlepas dari dukungan dan keterlibatan pemerintah daerah, swasta serta penyuluh di lingkungan masyarakat demi terwujudnya perubahan yang lebih baik. (mega-kominfo) @sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.