Portal Kabupaten Sijunjung

SOSIALISASI SOP PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI OPERATION ROOM KANTOR BUPATI SIJUNJUNG

0

Menindaklanjuti Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan 2017 Nomor 356/4429/SJ, Dinas Kominfo Kab. Sijunjung mengadakan sosialisasi tentang SOP Pelayanan Informasi Publik di Operation Room Kantor Bupati Sijunjung, Kamis (23/03).

Sosialisasi dibuka oleh Staf Ahli, Syahrial, MM diikuti oleh Sekretaris OPD dengan narasumber Rizal Efendi, SE (Kepala Dinas Kominfo Kab. Sijunjung) dan Habib Ghuarbi, S.Kom (Kasi Pengolahan Data Statistik dan Layanan Informasi Dinas Kominfo Prov. Sumbar).

Habib menjelaskan tentang pembagian tugas dan wewenang PPID Utama dan PPID Pembantu dalam penyusunan SOP yang berkaitan dengan Pelayanan Informasi Publik, mulai dari pengklasifikasian informasi sampai pada teknis pelayanan informasi melalui website PPID.

“Adanya pembagian tugas dan SOP Pelayanan Informasi Publik akan memperjelas alur permintaan dan pelayanan informasi kepada masyarakat”, tambahnya.

Implementasi UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik harus didukung dengan semangat untuk memberikan pelayanan informasi secara transparan dan mudah diakses. Melalui ketersediaan informasi pada website PPID Kabupaten Sijunjung (yang sedang dibenahi), diharapkan agar transparansi bisa mencegah tindakan korupsi dan menghindari terjadinya sengketa informasi. Jika hal ini terwujud akan berpengaruh pada peningkatan trust (kepercayaan) masyarakat terhadap pemerintah.

(Budhi)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.