Portal Kabupaten Sijunjung

MELALUI 3R, SOSIALISASIKAN PENGELOLAAN SAMPAH

0

Dinas Perumahan,Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup dengan TP PKK Kabupaten Sijunjung mengadakan Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Sampah melalui 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) sekaligus Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46 Tahun 2018, Selasa (17/4) bertempat di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kab Sijunjung, Ny.Endra Yuswir dan Ny, Ria Arrival Boy, Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Ir.Novarita, Narasumber dari Sekretaris Jenderal Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Wilda Yanti, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Instansi Vertikal, Ketua Organisasi Wanita, Wali Nagari dan undangan lainnya.

Pada kesempatan ini Laporan Panitia Pelaksana disampaikAn Kepala Bidang pada Dinas Perkim LH Roni, S.SSTP.

” Tujuan dari manajemen pengelolaan sampah ini diantaranya mengubah sampah dari material yang tidak berguna menjadi material yang memiliki nilai ekonomis, mengolah sampah menjadi material yang tidak membahayakan lingkungan hidup”, ujarnya.

Sementara itu Ir Novarita sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat memberikan apresiasi kepada Pemkab Sijunjung dimana acara ini diadakan yang pertama di Sumatera Barat oleh Kabupaten/Kota.

“Agar ibu-ibu TP PKK Sijunjung dapat menangani dan mengolah sampah-sampah yang ada dirumah menjadi bermanfaat dan menjadi barang-barang yang lebih berguna dan bernilai”, katanya.

Dilanjutkan dengan Pembacaan Sejarah singkat Gerakan PKK oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung Ny Endra Yuswir dan sambutan Bupati Sijunjung sekaligus membuka secara resmi acara sosialisasi manajemen pengelolaan sampah, Hari Kesatuan Gerak PKK ke 46 Tahun 2018 dan mencanangkan nagari binaan gerakan pengurangan sampah reduce, reuse dan recycle (GPS 3R) serta mencanangkan Bulan Bhakti Desa Wisma.

Dalam sambutannya Bupati Yuswir Arifin menyampaikan ada 4 agenda yakni Penandatanganan nota kesepakatan antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Sijunjung dengan TIM Penggerak PKK Kabupaten Sijunjung tentang peran Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dalam mensukseskan 10 Program Pokok PKK, Pencanangan Nagari Binaan Gerakan Pengurangan Sampah (GPS 3R) dan Pencanangan bulan Bhakti Dasa Wisma, Penyerahan Keputusan Bupati Sijunjung tentang Penetapan Nagari Binaan GPS 3R diantaranya Nagari Pematang Panjang, Palangki, Padang Sibusuk, Guguak, Tanjung Bonai Aur, Kampung Dalam, Sibakur, Kamang terakhir Penyerahan Piagam Penghargaan Perintis Bank Sampah kepada Lextria Direktur Bank Sampah Bumi Lestari Tanah Badantung, Zainal Wali Nagari Guguak, Miswarni Direktris Bank Sampah PKK Nagari Guguak, Adam, A.MA Wali Nagari Tanjung Bonai Aur, Surya Mardayani, Direktris Bank Sampah Berkah Logas.

Di akhir rangkaian acara dilanjutkan penjelasan oleh narasumber dari Sekretaris Jenderal Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Wilda Yanti yang juga berasal dari Sijunjung.

Ia menjelaskan untuk pengurangan sampah terlebih dahulu dapat dilakukan di setiap rumah tangga sebagai kunci awal kegiatan 3R dengan cara Pembatasan sampah (reduce), Pendauranulang sampah (Recyle) dan Pemanfaatan kembali sampah (reuse).
“Pelaksanaan 3R juga dapat dilakukan melalui program Bank Sampah sebagai solusi pengurangan sampah di tingkat masyarakat karena kemampuannya yang menjadi bagian dari sistem rantai pengumpulan sampah yang terintegrasi”, jelasnya.

” Semakin banyak warga yang menyetorkan sampahnya ke bank sampah semakin banyak pula penyerapan sampah yang ada di wilayahnya”, pungkasnya.andri/dinda/vani@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.