Portal Kabupaten Sijunjung

SOSIALISASI PENGARUSUTAMAAN GENDER BAGI ANGGOTA POKJA

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melaksanakan sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi anggota Pokja dan anggota Focial Point pengarusutamaan gender Kabupaten Sijunjung, guna mencapai kesejahtaraan dan keadilan gender (KKG) melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi atas seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan sektor, Senin (30/10) di Gedung Pancasila.

Kegiatan dibuka oleh Staf Ahli Drs. SYAHRIAL, M.M, turut dihadiri Kepala OPD, Narasumber Bapppeda Provinsi Sumbar dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumbar serta anggota Pokja dan anggota Focial point.

Dalam laporan panitia yang dibacakan Eri Suherman, SE menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk melindungi dan memenuhi hak asasi manusia, menjamin keadilan dalam pembangunan dan meningkatkan kinerja pembangunan dengan peraturan Bupati Nomor 47 tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja pada Dinas Sosial PP dan PA dan peraturan Bupati Nomor 68 tahun2016 tentang penjabaran anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2017.

Drs. SYAHRIAL, M.M dalam sambutannya mengatakan maju mundur daerah saat ini tergantung kepada berapa banyak peran serta perempuan baik di lembaga legislatif, eksekutif maupun yudikatif namun itu sendiri tergantung perempuan-perempuan yang ada sekarang mau tidak mengambil bagian dalam pembangunan, yang penting mempunyai kapasitas dan disesuaikan dengan bidang yang bisa dilakukan perempuan itu.

Dalam RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2017 kegiatan pengarusutamaan gender (PUG) sudah tertampung dalam Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak maupun di OPD lain.
” Maka melalui sosialisasi ini bisa menyatukan persepsi tentang konsep pengarusutamaan gender, sehingga secara Kabupaten dan Provinsi kita sudah melakukan mulai dari sistem perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi baik program maupun kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD)” tambahnya. (Dicko-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.