Portal Kabupaten Sijunjung

SOSIALISASI MEDIA TRADISONAL TINGKAT PROPINSI SUMATERA BARAT DI KABUPATEN SIJUNJUNG

0

Mewakili Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum sekdakab kabupaten SijunjungYofritas ,ST,MT membuka secara resmi Sosialisasi Media Tradisonal Tingkat Propinsi Sumatera Barat di Hotel Bukik Gadang Muaro Sijunjung, Senen 8 Agustus  2016.

Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Dishub Kominfo Propinsi Sumatera Barat, yang di wakili oleh Kabid Kominfo Nurfitrisman,MM beserta jajaran, Kadishub Kominfo Kabupaten Sijunjung, Ramler,SH,MM, Kabid PDE, Andril S.Kom beserta jajaran.

Dengan Mengangkat tema optimalisasi media tradisional mendorong partisipasi masyarakat dalam demokrasi dan pembangunan.

Sebagai peserta Sosialisasi adalah dari  DishubKominfo Kabupaten/Kota  dan pelaku seni utusan 9 Kabupaten/Kota yaitu, Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar.

Asisten III, Yofritas mengatakan, “media tradisional merupakan alat pendidikan masyarakat, media perjuangan, media kritik sosial, media pembangunan dan media komunikasi maupun informasi lainnya, Serta pemberdayaan sumber daya manusia melalui tradisional dan modern.

” Yofritas  menambahkan, merupakan sebuah pergelaran seni yang dulu sering dipentaskan sebagai hiburan dan penyampaian pesan informasi paling efektif dari pemerintah ke masyarakat.

Melalui sosialisasi ini, keberadaan dan eksistensi para seniman dan pemerhati seni khususnya seni budaya Minangkabau dapat berkembang serta mampu menjadi sarana komunikasi kepada masyarakat dalam menceritakan segala aspek kehidupan.

Yofritas  berharap sosialisasi ini dapat menghidupkan kembali seni budaya yang telah lama hidup di tengah-tengah masyarakat.

Sebelum itu, Kabid Kominfo Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat Nurfitrisman,MM memberikan laporan, tujuan sosialisasi ini memotivasi kembali kehidupan kelompok media tradisional mampu bangkit merebut kembali hati publik dengan kemasan pertunjukkan sesuai dengan publik dan selera pasar.

Sebagai Narasumber, Zulkifli ,S,Kar,M.Hum dari ISI Padang Panjang menyampaikan Pengembangan dan pemberdayaan media tradisional dalam rangka diseminasi informasi pembangunan perlu dikembangkan sesuai dengan perkembang Zaman, namun Tradisinya tidak dihilangkan, jelas Zulkifli. – PDE.sijunjung.go.id.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.