Portal Kabupaten Sijunjung

SOSIALISASI DAN WORKSHOP PENDIDIKAN INKLUSIF GUNA PENINGKATAN KAPASITAS GURU

0

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , diwakili Kepala Bidang PAUD & PNF Syamsul Bahri,S.Pd.MM membuka secara resmi sosialisasi dan Workshop peningkatan kapasitas Guru Pendidikan Inklusif di SD Negeri 5 Sikaladi, Senin ( 22/10 ).

Syamsul Bahri, S.Pd.MM dalam arahan menyampaikan perlunya kesetaraan dalam pendidikan setiap warga negara, tidak memandang ras, agama, suku, gender, keterbatasan fisik dan mental berhak memperoleh layanan pendidikan yang bermutu dan perlindungan dari diskriminasi.

“Sekolah bukan tempat persaingan, sekolah tempat berlatih dan hidup bermasyarakat yang normal dan terbuka bagi semua anak, melihat anak bukan dari segi perbedaan fisik dan mentalnya tapi lihatlah anak berdasarkan siapa dia, apa yang ia bisa dan apa kebutuhannya, artinya kalau ada anak khusus maka perlakukan secara khusus pula”, tuturnya.

” Mewujudkan sekolah inklusif harus melalui sekolah ramah anak , yaitu sekolah yang mendukung keberagaman dan untuk itu harus dilakukan beberapa hal antara lain, ciptakan suasana inklusif dan koperatif di antara guru, murid dan orang tua. Kurikulum sekolah reguler akomodatif terhadap kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Guru menciptakan suasana inklusif dan kooperatif. Lingkungan sosial menghormati perbedaan antar manusia. Sekolah memperluas aksesabilitas anak berkebutuhan khusus masuk sekolah reguler dan Keberpihakan anggaran oleh sekolah terhadap anak berkebutuhan khusus”, lanjutnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Irawan Junaidi, S.Pd , menyatakan bahwa kegiatan ini terlaksana atas dukungan dana dalam bentuk bantuan pemerintah dari Direktorat PK-LK Dikdasmen Kemendikbud RI , berlangsung mulai tanggal 22-24 Oktober 2018 bertempat di Aula SD Negeri 5 Sikaladi dengan jumlah peserta 48 orang ditambah dengan pengawas, Kepala Sekolah SMP dan SD terdekat, komite sekolah dan undangan lainnya, dengan narasumber ahli dari UPI Bandung, Dr. Atang Setiawan, M.Pd dengan materi “Motivasi, modifikasi kurikulum, Identifikasi & Asesmen pada ABK di Kelas Inklusif, Strategi Pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Kelas Inklusif, Konsep Pendidikan Inklusif menuju profesionalisme guru inklusif.-(lansekmanih)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.