Portal Kabupaten Sijunjung

Sonsong Ramadhan Dengan Doa

0

Sijunjung. MC. Sijunjung, – Sehubungan dengan sudah semakin dekatnya kedatangan Bulan Ramadhan 1440 H, buya Drs. H. Fauzan, MM mengimbau kaum muslimin dan muslimat  untuk berdoa dan mempersiapkan diri sematang mungkin guna menghadapi bulan yang suci dan mulia itu.

Ramadhan 1440 H sudah semakin dekat, diperkirakan awalnya 5 atau 6 Mei mendatang, kaum muslimin yang senantiasa mencari keredahan Allah SWT, diimbau selalu berdoa untuk keselamatan diri, supaya bisa bertemu dan mengerjakan amal ibadah di bulan yang penuh berkah dan pengampunan itu, kata Fauzan, Rabu (24/4), di Muaro Sijunjung.

Selain berdoa, hendaknya kaum muslimin dan muslimat juga mempersiapkan diri sematang mungkin, agar amal kebajikan yang diperbuat dalam Ramadhan, terlaksana sesuai rukun dan syaratnya.

Menurut buya, seandainya kaum muslimin dan muslimat mengetahui betapa besar dan agungnya nilai-nilai yang terkandung dalam Bulan Ramadhan, pasti mereka berharap seluruh bulan dijadikan Ramadhan.

Namun karena sebagian umat tidak mengetahui nilai-nilai yang terkandung itu, mereka tidak begitu harap dengan kedatangan Ramadhan serta tidak mengisinya dengan perbuatan amal yang penuh perhitungan.

Disamping bulan keberuntungan, Ramadhan juga sarat dengan kebaikan, karenanya juga disebut bulan penuh rahmat dan berkah.

Karena itu, pergunakanlah kesempatan yang hanya datang sekali setahun ini.  Baik untuk mohon ampun terhadap Allah SWT atas dosa dan kesalahan yang diperbuat,  mau pun untuk berbuat amal kebajikan sebanyak-banyaknya, imbau Fauzan.

Selain itu, buya juga mengimbau kaum muslimin memanfaatkan Ramadhan 1440 H untuk membersihkan hati, jiwa dan pikiran, karena sebagai insan lemah tahun depan belum tentu akan bertemu dengan bulan yang penuh berkah dan rahmat ini.

Sebagaimana diketahui, selain penuh rahmat dan berkah, Ramadhan juga bulan pengampunan dan pembakar dosa. Kesempatan bagi kaum muslimin  untuk tafakur  menginsafi kelalaian, kekilafan, kekeliruan dan kesalahan.

Disamping berbuat amal kebajikan, buya juga mengajak kaum muslimin dan muslimat menjadikan momentum Ramadhan untuk mengevaluasi diri atas rahmat dan nikmat yang diberikan Allah SWT.

“Ramadhan adalah bulan pengampunan dan pembakar dosa. Untuk itu manfaatkanlah momentum ini untuk mengevaluasi diri. Harta yang diberikan Allah SWT, untuk apa dipergunakan, karena harta yang miliki kita adalah yang dibelanjakan di jalan Allah.  Usia yang dijangkakan, dalam 1×24 jam berapa yang dipergunakan untuk melaksanakan perintah Allah, berapa untuk urusan dunia dan berapa untuk perbuatan yang mengandung dosa. Hitung-hitunglah diri sebelum Tuhan menghitungnya,” pesan buya. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.