Portal Kabupaten Sijunjung

SINOVIK

0

Setiap tahun, Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengadakan kompetisi inovasi pelayanan publik sebagai upaya mendukung gerakan “One Agency, One Innovation”. Satu Instansi, Satu Inovasi adalah gerakan yang mewajibkan kepada setiap kementerian/lembaga, pemerintah daerah, badan usaha milik negara, dan badan usaha milik daerah untuk menciptakan minimal 1 (satu) inovasi pelayanan publik setiap tahun.”

Perkembangan kompetisi inovasi pelayanan publik menunjukan hasil yang menggembirakan. Hasil rilis Kementerian PAN-RB (16/4/2017), jumlah inovasi yang telah didaftarkan untuk kompetisi tahun 2017 sebanyak 3.054 inovasi. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencapai 2.746 inovasi. Pedoman pelaksanaan tahun 2017, mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementerian / Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2017, Tanggal 20 Oktober 2016.

Menurut Kemenpan-RB, registrasi, administrasi dan bantuan penilaian secara online, dengan Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) yaitu sistem berbasis web yang memuat jaringan informasi dan dokumentasi dalam rangka memfasilitasi pembangunan inovasi pelayanan publik. Aplikasi tersebut dapat diunduh dari website http://menpan.go.id/.

Pemerintah Daerah yang akan menggunakan aplikasi Sinovik, perlu mempersiapkan Admin Lokal, Unit Inovasi Pelayanan Publik (UIP) dan Penghubung UIP.   Admin Lokal adalah pejabat yang ditugaskan oleh pimpinan pemerintah daerah untuk mengelola usulan inovasi pelayanan publik di lingkungan pemerintah daerah. UIP adalah satuan kerja pelayanan publik mulai dari yang tertinggi sampai dengan yang terendah di lingkungan pemerintah daerah. Penghubung UIP adalah pejabat atau pegawai yang ditugaskan oleh pimpinan unit inovasi pelayanan publik yang bersangkutan untuk mengajukan usulan inovasi pelayanan publik melalui Sinovik.

Proses pendaftaran secara ringkas cara pendaftaran sebagai berikut :

  1. Pemerintah Daerah / BUMD menetapkan admin lokal, dan selanjutnya admin lokal melakukan pendaftaran kepada Admin Kemenpan-RB untuk memperoleh ID dan Sandi sebagai admin lokal.
  2. Organisasi Perangkat Daerah atau UPTD yang telah melakukan inovasi serta akan mengikuti kompetisi, maka dapat ditetapkan sebagai UIP (Unit Inovasi Pelayanan Publik). Kemudian pimpinan OPD/UPTD menetapkan Penghubung UIP.
  3. Penghubung UIP mengajukan permohonan kepada admin lokal, agar dibuatkan sebuah ID untuk UIP yang dikelolanya.
  4. UIP yang telah mempunyai ID dan Sandi dapat mendaftarkan proposal inovasi secara online melalui sinovik.

Hasil rilis Kemenpan-RB (Kamis, 16/4/17) dari 3.054 inovasi yang mendaftar, dan yang berhasil masuk hanya sekitar 52,27 % (1.627 inovasi) dan sisanya 46,73 % (1.427 inovasi) terseleksi oleh mesin (aplikasi sinovik).   Dengan demikian, peserta perlu memperhatikan syarat, relevansi kategori serta kecermatan dalam menggunakan aplikasi sinovik, sehingga hasil inovasi dapat memasuki tahap penilaian selanjutnya. (Dikutip dari berbagai sumber).

Mitropi-Kominfo@Sijunjung,go.id.

Kata Kunci : Sinovik, Inovasi Pelayanan Publik.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.