Portal Kabupaten Sijunjung

SIJUNJUNG BUTUH INVESTASI UNTUK PEMBANGUNAN

0

Bupati Yuswir Arifin mengatakan, bahwa kabupaten Sijunjung terbuka untuk berinvestasi di daerah ini. Lantaran, investasi tersebut membantu untuk menggerakan pembangunan di kabupaten Sijunjung. Serta meningkatkan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyerahkan Nota Penjelasan LKPJ Bupati tahun 2016 kepada Wakil Ketua DPRD Walbardi di ruang sidang Utama DPRD, Senin (17/4)-yan

Hal itu disampaikan ketika menyerahkan Nota Penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sijunjung tahun 2016 ke DPRD Sijunjung, saat rapat Paripurna DPRD di ruang Sidang Utama DPRD Sijunjung, Senin (17/4). Nota tersebut berikan oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan diterima oleh wakil ketua DPRD Walbardi disaksikan seluruh anggota DPRD serta pejabat Pemkab Sijunjung.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa untuk menunjang pembangunan di daerah diperlukan investasi dan modal pembangunan yang sangat besar. Invetasi ini kita harapkan tidak hanya sebatas mengeksploitasi potensi sumber daya alam yang kita miliki, tetapi juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui Pemanfaatan tenaga kerja lokal.

Ia menyebutkan bahwa dengan adanya investasi tersebut akan terbuka pertumbuhan ekonomi masyarakat, membuka lapangan pekerjaan serta percepatan pembangunan yang pada akhirnya akan mampu menekan tingkat kemiskinan dan mengurangi tingkat pengangguran.

Dikatakannya, bahwa untuk menggerakkan pembangunan di kabupaten Sijunjung membutuhkan anggaran yang cukup besar. Maka, dalam menggerakkan pembangunan itu, investasi sangat diperlukan di daerah ini.

Lebih lanjut, Bupati menyebutkan, bahwa pembangunan yang dilaksanakan saat ini  di sadari bahwa sumber pembiayai pembangunan kabupaten Sijunjung sebagian besar berasal dari dana perimbangan, namun sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014, undang-undang nomor 33 tahun 2004 serta undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, pemerintah daerah diberi kewenangan untuk berkreasi dan berinovasi menggali sumber-sumber keuangan daerah dalam rangka menunju kemandirian daerah dengan mempedomi aturan yang ada.

“Disisi lain, pemberdayaan pengelolaan keuangan daerah merupakan faktor penting menuju efektifitas dan optimalisasi anggaran,”jelasnya

Pada kesempatan itu, ia mengatakan peningkatan fungsi dan peran pemerintah daerah dalam menjalankan efektifitas pelayanan dan pembangunan membawa konsekwensi terhadap penyediaan. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat  akan pelayanan dan penyediaan infrastruktur, mengakibatkan pemerintah daerah harus mampu dan kreatif mencari alternatif sumber-sumber penyediaan atau pendanaan pembangunan.

Walbardi menyebutkan, informasi yang disampaikan oleh Bupati tersebut supaya dipelajari. Hal ini penting bagi daerah ini untuk peningkatan pembangunan di kabupaten Sijunjung. Dan selanjutnya akan di bahas dalam rapat internal DPRD Sijunjung serta pembahasan antara komisi-komisi dengan instansi  Organiasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. yan@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.