Portal Kabupaten Sijunjung

SHALAT IDUL FITRI DI LAPANGAN M. YAMIN

0

Seperti tahun lalu, untuk Kota Muaro Sijunjung,  Shalat Idul Fitri 1437 H ini juga  dipusatkan di lapangan Prof. M. Yamin Muaro Sijunjung.

Sesuai rencana, yang akan bertindak sebagai khatib adalah Pembantu Rektor I IAIN Imam Bonjol Padang; Ikhwan Matodang.  Sedangkan imam, Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy, kata Kabag Kesra Setdakab Sijunjung Mukharlis Kamis (30/6), di ruang kerjanya.

Seandainya hujan turun di pagi Idul Fitri itu, shalat dilaksanakan di Masjid Istiqlal Muaro serta di Masjid Taqwa, ulas Mukharlis yang didampingi Kasubag Agama; Jupri.

Seusai shalat, seluruh jemaah diundang ke Balairung Lansek Manih untuk mencicipi berbagai makanan dan minuman  yang disediakan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Selain menunaikan Shalat Idul Fitri dan berlebaran bersama, Pemkab Sijunjung juga menyelenggarakan takbiran, malam sebelum hari raya, di Masjid Istiqlal.

“Baik shalat mau pun takbiran, akan diikuti Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, Wakil Bupati  Arrival Boy, Sekdakab A.T. Rohendi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, ketua DPRD, pejabat teras Pemkab, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pegawai serta kaum muslimin dan muslimat Kota Muaro Sijunjung,” jelas Kabag Kesra.

Tentang belebaran bersama di Balairung Lansek Manih, selain mempererat silaturrahim dan rasa kekeluargaan, berlebaran  bersama juga untuk meningkatkan ukuwah Islamiyah, karena disamping mendirikan shalat berjemaah, keutamaan Idul Fitri adalah memperkokoh persaudaran dengan saling bermaafan dan berjabat tangan.

Tujuan lain, supaya tidak ada kaum muslimin dan muslimat yang tidak bergembira saat merayakan hari kemenangannya, minimal warga yang berdomisili di Kota Muaro Sijunjung dan sekitarnya.

Agar tujuan tercapai, Kabag Kesra menghimbau dan mengajak jemaah shalat Idul Fitri  mendatangi Balairung Lansek Manih, guna mencicipi berbagai makanan dan minuman  yang disediakan Pemkab Sijunjung, seperti nasi lengkap dengan lauk pauknya, sate, pecal, gado-gado, miso, soto, es cendol, es teler dan es tebak. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.