Portal Kabupaten Sijunjung

SEPUTAR JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

0

Jurusan Ilmu Komunikasi – Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara beromunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat . Ilmu komunikasi tidak peruntukkan bagi orang pendiam atau jarang ngomong ? Itu salah. Karena seperti kita tahu komunikasi bisa lewat lisan dan tulisan jadi pernyataan itu cuman mitos siapun kamu asal puna minat , niat dan passion di jurusan ini pasti enjoy banget dan asyik. Kita liat dulu tempat belajar kita , karena kalau sarana atau tempat belajar kita asyik pasti kitanya pun semnagat belajarnya seperti halnya jurusan lain seperti FMIPA dan FK memilik Iabotarium sendiri , apabila ita masuk kejurusan ini , kita memiik beberapa labotarium milik kita sebgai sarana pembelajaran seperti Laboratorium Televisi Siaran ,Laboratorium Radio ,Laboratorium Fotografi ,Laboratorium Grafika , Laboratorium Computer Mediated Communication ,sLaboratorium Pengelolaan Informasi ,Laboratorium Media and News Room ,Laboratorium Event and Conference.

Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang komunikasi antar individu dan grup Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.). Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai 3 Peminatan namun yang sering dan ada di seluruh PTN yaitu bidang jurnalistik , PR (Public Relation) dan yang ketiga berbeda beda tiap PTN . Contoh Seperti di UNPAD Manajemen Komunikasi Dan di UI Komunikasi Media

Pembelajaran yang kita pelajari sebelum peminatan biasanya hal-hal dasar menyangkut komunikasi seperti halnya di SMA sebelum kita penjurusan ke IPA , IPS , BAHASA kita mempelajari semua dasar dasarnya terlebih dahulu. Seperti cara pengambilan foto dengan benar seperti hunting foto , utak atik alat teknologi komunikasi , cara berbicara didepan umum yang benar , desain visual , dan vcara penggunaan komputer dalam kegunaannya sebgai alat komunikasi , kita juga belajar psikologi komunkasi

Karena jurusan ini paling netral dibanding jurusan ini secara umum lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai penulis , reporter , pembawa acara tv , fotografer , desain komunikasi visual , editor gambar dan video , produser , sutradara , penyiar radio , public relation perusahaan bahkan kita apat bekerja di bank juga .

Di jurusan ilmu komunikasi ini peminatan dilakukan, agar kita lebih di fokuskan pada salah satu bidang , contohnya jurnalisitik , pada peminatan ini lebih menitikberatan pada bidang jurnalisme , baik jurnalistik pada bidang media cetak seperti majalah koran maupun media elektronik seperti radio dan televisi .Pada peminatan ini lebih dalam mempelajari tentang penggunaan teknologi penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Tumbuhnya pertelevisian nasional, surat kabar dan radio, memerlukan tenaga jurnalis yang handal, baik sebagai reporter, announcer, dokumenter, maupun produser pemberitaan.

Lalu pada peminatan bidang PR , nah ini cocok banget bagi orang yang senang bicara dimuka umum karena hal yang dipelajari dan lulusan ini lebih banyak bekerja dengan berkomunikasi kepada individu atau masyarakat atau dalam bahasa kesehariannya adalah HuMas. PR dalam sebuah lembaga atau perusahaan sangat diperlukan , kenapa? Karena perencanaan sebuah perusahaan bila tidak sampai pada semua pekerja internal dan eksternal rencana tersebut tidak akan berjalan sesuai rencana apabila informasi tidak sampai secara benar. Pastinya semua Lembaga dan Perusahaan memerlukan sarjana ahli di bidang PR . Prospek pekerjaannya bagi sarjana lulusan ini adalah sebagai Perkembangan PR Consultant, Event Organizer, dan kebutuhan akan profesi public relations di departemen/perusahaan pemerintah maupun swasta, memerlukan kompetensi praktisi Humas yang mumpuni.

Untuk Manajemen Komunikasi dan Komunikasi Media secara umum semuaanya mirip hanya dalam hal yang diperdalaminya saja berbeda . Manajemen komunikasi secara singkat adalah dalam kita memanaj komunikasi . Komunikasi Media Lebih ke Penyiaran dan Broadcasting.

KELEBIHAN JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
bagus banget nich,,, buat lo mau ambil jurusan komunikasi, karena zaman sekarang, komunikasi tuh udah penting banget, kenapa gitu? karena komunikasi yang nentuin segalanya.. sehebat apapun perusahaan a (dengan pekerja2 dari lulusan univ terbaik), tapi kalo kurang komunikasi ke masyarakat, tetep aja dipandang jelek (disini Public relation en advertising berperan penting, nanti gue jelasin satu2 tentang pembagian jurusannya)… trus, sehebat apapun presiden, ato sebagus apapun negara, kalo kurang komunikasi sama juga boong… jadi, mempelajari ilmu komunikasi zaman sekarang tuh pas banget.. sejauh ini, udah ngerti kan pentingnya komunikasi?
lo juga bisa nonton film amerika THE WEST WING, tuh tentang public relationya presiden amerika..

biasanya dalem jurusan komunikasi ada 4 jurusan yang paling dasar:
1. public relation : disini lo pelajarin tentang hubungan suatu perusahaan dengan masyarakat, lo berusaha ciptain good image perusahaan/selebritis atau bahkan presiden (seperti kejadian bill clinton yang selingkuh,PRnya hebat banget bisa nyusun kata2 yang buat orang memaafkan en dukung bill clinton) kepada masyarakat luas.. lo juga tanggung jawab buat nyelesain masalah yang merusak nama baik perusahaan/orang tersebut… pokoknya funn banget… lo mesti belajar buat pahami orang yang ada disekitar lo buat nantinya berguna banget waktu lo melakukan strategi PR..
prospek kerjanya :public relation, event organiser, management artis, public speaker, dll..

  1. advertising : disini lo belajar tentang periklanan, buat iklan, en gak harus bisa gambar kok, karena bisa pake komputer, yang penting kreatif… lo disini belajar semua2nya tentang iklan, media iklan, sampe pekerjaan lo di periklanan.
    prospek kerjanya: semua yang ada di advertising agency (bagian media,bagian creative,dll)

3.marketing : disini belajar tentang marketing/pemasaran tapi lebih ke komunikasinya..
prospek kerjanya : marketing, public speaker,sales ,dll

  1. mass communication: disini belajar tentang broadcasting, mulai dari bikin script buat radio ato berita, trus cara bikin film, cara editing,cara jadi presenter, sutradara, kameramen,dll.. semua yang berbau2 broadcast deh..
    prospek kerjanya : yang ini banyak, hampir semua bidang komunikasi bisa jadi pekerjaan yg lulus dari jurusan mass communication, soalnya di mass communication pelajarin public relation, advertising en marketing juga..

PERKEMBANGAN JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

Manusia merupakan manusi monodualisme. Pernyataan nini mengeandung makna bahwa manusia selain sebagai makhluk individu juga merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk individu, dirinya memeliki kpentingan pribadi, sedangkan sebagai makhluk sosial ia merupakan bagian dari suatu lingkuangan pergaulan sosial.

Dalam konteks manusia sebagai makhluk msosial, manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Oleh karena itudalam menjalin hubungan dengan manusia lain, manusia memerlukan komunikasi.

Seorang muslim begitu bangun tidur mendengar adzan subuh dan melakukan shalat subuh, juga melakukan komunikasi, yaitu komunikasi antara dirinya dengan sang pencipta. Komunikasi disebut komunikasi transdental. Komunikasi ini bersifat personal. Ketika shalat terkadang seorang muslim meneteskan air mata, sambil memohon diperi petunjuk oleh Sang Pencipta. Shalat merupakan media komunikasi transdental, sehingga dirinya teringankan dari segala bebannya.

Manusia sejak lahir sudah berkomunikasi, contohnya seorang bayi dengan cara menaggis mengkomunikasikan keinginannya. Sebagai seorang ibu, yang memiliki naluri , ia pasti sudah mengerti maksud tangisan bayinya yang belum bicara, misalnya dengan segera memmberikan asi.

Dari apa yang dilakukan terbukti bahwa komunikasi yang dilakukan manusia , sebenarnya merupakan hal pokok dalam kehidupan manusia.

ilmu komunikasi tidak hanya berperan sebagai bedia menyampaikan informasi, namun ilmu komunikasijuga memiliki perandan fungsisesuai statusnya sebagai ilmu yang berkembang di tengah masyarakat.

peran penting ilmu komunikasi diantaranya adalah sebagai media edukasi, sebagai media publiser, sebagai media pemberi informasi, sebagai media penghibur bagi masyarakat.

peluang lulusan ilmu komunikasi sangat luas pada saat ini, diantaranya dapat berkarir di BPJS, dunia jurnalistik, dunia pertelevisian, periklanan, analisis media, dunia relationship, dunia negosiasi, dll.

seiring dengan perkembangan zaman, ilmu komunikasi telah didukung dengan sejumlah mediaelektronik yg sangat mudah di akses yaitu, handphone, smartphone, email, skype, facebook, path, dan banyak lagi sosmed lainnya
sebenarnya pada dasarnya prospek kerjanya udah bagus, soalnya zaman gini, masyarakat indo udah ngerti kelebihan dari jurusan komunikasi yang ternyata penting banget…     Sumber Blog Salman Alfarisyi Lesmana (@AlFarisyiSL

Hendri_Kominfo@sijunjung.go.id

 

Hendri_Kominfo@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.