Portal Kabupaten Sijunjung

SEMARAK RAMADHAN DI MASJID NURUL IHSAN PALALUAR

0

Beda dengan tahun sebelumnya pada Ramadhan 1438 H ini, berkat kerjasama yang baik antara panitia Ramadhan dengan pengurus masjid, kegiatan ibadah Ramadhan di Masjid Nurul Ihsan Nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, tidak hanya diikuti masyarakat ramai, tapi juga semarak.

Semaraknya kegiatan ibadah Ramadhan tahun ini, tidak terlepas dari adanya kemampuan ketua panitia Ramadhan; Ahmad Taufik Husril dengan ketua remaja Masjid Nurul Ihsan; Saiwal Rusji dalam mengerakan para remaja menyemarakan kegiatan Ramadhan di Masjid Nurul Ihsan, kata Walinagari Palaluar H. Dasril, Rabu (14/6), di ruang kerjanya.

Menurut walinagari, selama ini kegiatan malam Ramadhan di Masjid Nurul Ihsan, ramainya hanya pada Ramadhan minggu pertama, setelah itu masjid jadi lengang karena hanya diisi oleh generasi tua. Sedang para generasi muda tidak lagi datang ke masjid, mereka hanya mondar mandir di jalan dan nongkrong di warung kopi.

Alhamdulillah pada Ramadhan 1438 H ini, sampai sekarang Masjid Nurul Ihsan tidak hanya jemaahnya shalat wajib serta Shlata Tarwih dan Witir yang ramai, tapi juga disemarakan dengan berbagai kegiatan remaja yang bernafas Islam, seperti  menghafal Alquran setelah Shalat Asyar, berbuka buka bersama serta penampilan ceramah singkat remaja setelah Shalat Isya, penampilan hafalan Alquran, qasidah rebana remaja, bertadarus serta berdiskusi tentang berpuasa yang baik dan penuh perhitungan.

“Supaya semarak Ramadhan tidak berkurang di Masjid Nurul Ihsan makin, beberapa hari ke depan akan dilaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran  (MTQ) tingkat Nagari Palaluar serta peringatan petang sajadah (menyambut malam Lailatul Qadr),”  kata Walinagari, Dasril.

Ketua panitia Ramadhan  Ahmad  Taufik Husril  dan ketua remaja Masjid Nurul Ihsan; Saiwal Rusji, mengaku gembira dan senang  diberi tanggungjawab oleh pemerintah dan masyarakat Nagari Palaluar untuk menyemarakan Masjid Nurul Ihsan dengan cara merangkul para remaja guna melakukan berbagai kegiatan yang bernafas Islam.

Sebagaimmana dikatakan para ulama, selain bulan keberuntungan, Ramadhan juga sarat dengan kebaikan, karenanya juga disebut bulan penuh rahmat dan berkah.

“Makanya kami gembira dan senang  diberi tanggungjawab oleh pemerintah dan masyarakat Nagari Palaluar untuk menyemarakan Masjid Nurul Ihsan, karena dengan tanggungjawab yang diemban, kami memiliki kesempatan dan peluang yang cukup besar dalam mengisi Ramadhan 1438 H dengan merangkul dan mengajak para remaja melakukan berbagai kegiatan bernafas Islam,”  aku Ahmad  Taufik Husril  dan Saiwal Rusji. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.