Portal Kabupaten Sijunjung

Semangat Mendekatkan Layanan Keimigrasian

0

Muaro, MC Sijunjung – Setiap warga negara berhak dan wajib memiliki dokumen kependudukan sebagai bukti yang sah kewarganegaraan. Dengan memiliki dokumen kependudukan maka seseorang dapat memperoleh dan bahkan menuntut hak-haknya sebagai warga negara. Pelayanan dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga saat ini sudah semakin mudah layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dalam hal-hal tertentu selain dokumen kependudukan adakalanya seseorang juga memerlukan dokumen lainnya, misalnya ketika hendak melakukan perjalanan di luar batas wilayah negara Republik Indonesia atau ke luar negeri. Dokumen yang diperlukan adalah dokumen perjalanan atau Paspor.

Dokumen perjalanan merupakan dokumen penting yang dimiliki setiap orang untuk bepergian ke negara lain. Dokumen perjalanan merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Pejabat yang berwenang dari suatu negara, Perserikatan Bangsa-bangsa, atau organisasi internasional lainnya untuk melakukan perjalanan antar negara yang memuat identitas pemegangnya.

Kantor Imigrasi Kelas I Padang berupaya semakin mendekatkan pelayanan ke masyarakat dengan program KAMI PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif). Salah satu inovasi yang saat ini dilakukan Eazy Passport yaitu layanan pengurusan Paspor secara kolektif.

Sebagaimana disampaikan oleh Yulindo Danu Saputra, SH (Kasubsi Komunikasi) dalam kunjungannya bersama Caesar Ali Fahroy (Kasubsi Teknologi Informasi) dari Kantor Imigrasi Kelas I Padang ke Dinas Kominfo Kabupaten Sijunjung, Rabu, (11/11/2020), yang disambut Sekretaris Dinas Kominfo, Puji Basuki, MMA

Yulindo menyebutkan dengan Eazy Passport, pengurusan Paspor secara kolektif pelayanannya dapat dilaksanakan di luar kantor imigrasi dan di lokasi pemohon layanan. Layanan ini menggunakan unit paspor mobile.

” Sebagai upaya mendekatkan layanan Eazy Passport saat ini dapat diberikan kepada perkantoran/instansi (pemerintah/swasta), institusi pendidikan, komunitas/organisasi atau komplek perumahan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini sambil menyerahkan majalah Imigrasi Rancak, Yulindo juga berharap Dinas Kominfo Sijunjung bisa menjadi mitra dalam rangka menyebarkan informasi seputar keimigrasian bagi masyarakat luas khususnya Kabupaten Sijunjung. Artikel yang  dimuat dalam majalah dimaksud adalah salah satu bentuk informasi dan komunikasi publik yang diterbitkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Padang. (maspoejek)/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.