Portal Kabupaten Sijunjung

SELAMATKAN GENERASI MUDA DARI GLOBALISASI DUNIA

0

Globalisasi dunia melalui teknologi informasi (internet, telepon selular dan media elektronik lain) yang berkembang sangat pesat, ikut mewarnai kemajuan Kabupaten Sijunjung.

Namun dampak perkembangan dari teknologi informasi itu, bisa positif bisa pula negatif, kata tokoh dan pemuka masyarakat; H. M. Daud, di Muaro Sijunjung, Minggu  (5/3),

Menurut M. Daud, dampak positif dari perkembangan teknologi informasi, adalah kemudahan dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan dari berbagai sumber dan belahan dunia.

Sedangkan dampak negatifnya, adalah masuknya pengaruh budaya asing, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, tindakan kriminalitas, pornografi dan budaya kekerasan.

Sementara generasi muda adalah kelompok masyarakat yang sangat rentan terhadap pengaruh budaya asing ini, sehingga dalam membangun sosial budaya, terutama terhadap generasi muda itu, diperlukan persiapan yang matang, agar mereka dapat mengambil manfaat positif dan membentengi diri dari dampak negatif globalisasi dunia yang tengah berkembang ini.

Selain itu, peranan pemerintah bersama ninik mamak, alim ulama dan cerdik pandai serta segenap elemen masyarakat, semakin dituntut dan diperlukan untuk mengawasi, membina dan menyelamatkan para generasi muda dari dampak negatif kemajuan teknologi informasi.

Karena selaku harapan serta tumpuan bangsa dan negara yang akan melanjutkan pembangunan di segala bidang, generasi muda mesti dibekali sedini mungkin dengan ilmu pengetahuan tentang tata cara mengambil manfaat positif dari kemajuan teknologi informasi yang berkembang dengan deras dan pesat.

Disamping itu, pemantapan kehidupan beragama dapat dijadikan benteng pertahanan bagi masyarakat untuk meminimalisasi pengaruh negatif dari dampak globalisasi dunia melalui teknologi informasi yang masuk dengan deras ke seantero pelosok negri di Indonesia, termasuk ke Kabupaten Sijunjung yang tengah berpacu dengan pembangunan, tutur M. Daud. -nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.