Portal Kabupaten Sijunjung

SEKRETARIS NAGARI IKUTI BIMTEK PENYUSUNAN DOKUMEN

0

Sekretaris nagari dan desa se-Kabupaten Sijunjung, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan dokumen perencanaan nagari, dari Senin sampai Rabu (30/10-1/11), di hotel Grand Zuri Padang.

Selain sekretaris nagari, Bimtek yang diselenggarakan aparatur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari  (DPMN) Kabupaten Sijunjung serta dibuka Sekdakab, Zefnihan, AP, M. Si, juga diikuti Kasi di Kantor Camat yang memfasilitasi penyusunan dokumen perencanaan nagari  dan desa.

Sekda mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang nomor 6 tahun 2014, tentang desa, nagari dan desa diberi kewenangan yang cukup luas sehingga wajib membuat perencanaan pembangunan dalam bentuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) nagari yang merupakan wujud dari visi misi walinagari terpilih. Penjabaran RPJM nagari setiap tahunnya dilaksanakan dalam bentuk Rencana Kerja Pemerintah (RKP) nagari.

“Karena itu, saya berharap dan mengimbau seluruh sekretaris nagari dalam Kabupaten Sijunjung berperan aktif dan bersinergi melaksanaan perencanaan di nagari, sebab proses perencanaan merupakan kunci dalam pembangunan,” kata Sekda.

Tujuan penyelenggaraan Bimtek penyusunan dokumen perencanaan nagari, adalah meningkatkan wawasan pengetahuan serta keterampilan sekretaris nagari dan desa dalam menyusun dokumen perencanaan nagari dan desa.

Tujuan lain supaya penyelesaian dokumen perencanaan nagari dan desa tepat waktu serta bisa menjwab permasalahan yang ada di nagari dan di desa, kata Kepala DPMN Kabupaten Sijunjung, Syukri selaku ketua pelaksana Bimtek. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.