Portal Kabupaten Sijunjung

SEKDA BUKA SOSIALISASI UU AMNESTIK PAJAK

0

sekdaSekdakab Sijunjung A.T. Rohendi membuka sosialaisasi Undang-Undang (UU) nomor 11 tahun 2016 tentang pengampunan pajak serta pekan panutan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2), di gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

Kegiatan yang diselenggarakan aparatur Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Muaro Sijunjung bersama Dinas Pengelolaan Keangan Daerah (DKPD)  dan Bank Nagari, diikuti kepala SKPD, kepala unit vertikal, camat, walinagari, pengurus organisasi kemasayarakatan, perbankan, notaris serta pimpinan perusahaan dan pengusaha potensial (pengusaha kena pajak yang memiliki usaha di Kabupaten Sijunjung).

Pembukaan sosialisasi yang ditandai dengan penyerahan reward secara simbolis kepada walinagari yang nagarinya sudah melunasi PBB P2 sampai 19 September 2016, dihadiri ketua DPRD Kabupaten Sijunjung diuwakili ketua Komisi Satu, Darmawan, unsur  Forkopinda, pejabat teras Pemkab, kepala KPP Pratama Solok dan undangan lainnya.

Sekda mengatakan, pajak sangat berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena pajak merupakan sumber utama dan pendapatan terbesar negara untuk pembiayaan pengeluaran.

Karena itu, jelas bahwa peranan penerimaan pajak bagi satu negara termasuk daerah, menjadi sangat dominan dalam menunjang jalannya roda pemerintahan dan pembangunan. Justru itu, peran masyarakat serta dukungan dan kerjasama pejabat, tokoh masyarakat dan kalangan dunia usaha sangat dibutuhkan, supaya target yang telah ditetapkan terealisir sebagaimana mestinya.

Berkaitan dengan itu, sosialaisasi UU nomor 11 tahun 2016 tentang pengampunan pajak sekaligus kegiatan pembayaran PBB P2 yang sudah online bekerjasama dengan Bank Nagari, sangat penting dan perlu diselenggarakan, karena masyarakat berhak dan perlu mengetahui. Terutama para wajib pajak yang akan memanfaatkan program pengampunan pajak atau amnesti pajak.

 “Karena  kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak masih rendah, melalui sosialisasi ini kita berharap kepada pejabat dan tokoh masyarakat menjadi panutan dalam membayar pajak, supaya para wajib pajak tergugah kesadaran dan kepeduliannya untuk membayar pajak,” harap Sekda A. T. Rohendi.

Kepala KP2KP Muaro Sijunjung, Mudji Hartono selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, tujuan penyelenggaraan sosialaisasi UU nomor 11 tahun 2016 tentang pengampunan pajak serta pekan panutan pembayaran PBB P2, adalah menginformasikan kepada seluruh masyarakat atas disahkannya UU ini.

 “Undang-undang ini masih terbilang baru, disahkan 1 Juli 2016. Karena itu, masyarakat berhak dan perlu mengetahui, terutama para wajib pajak yang akan memanfaatkan program pengampunan pajak atau amnesti pajak,” jelas Mudji Hartono.

Tujuan lain, untuk menggugah kesadaran dan menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kewajiban perbajakan melalui keteladanan serta panutan pejabat dan tokoh masyarakat, tambahnya. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.