Portal Kabupaten Sijunjung

SEIMBANGKAN PENDIDIKAN DUNIA DAN AKHIRAT

0

Di era  sekarang, banyak umat Islam yang tidak mementingkan pendidikan agama. Mereka lebih peduli terhadap pendidikan umum.

“Lihatlah keluarga di sekeliling kita. Berapa orang dari mereka yang mau mendalami ilmu agama, walau biaya pendidikannya lebih murah dari menuntut ilmu di sekolah umum,” kata tokoh dan pemuka masyarakat H. Ruhil, Senin  (10/7), di Muaro Sijunjung.

Karena umat Islam lebih mempedulikan pendidikan umum, sekarang  banyak tempat menimba ilmu agama yang tidak berfungsi. Bahkan surau dan masjid sepi dari kegiatan keagamaan.

Dalam memenuhi kebutuhan anak. Untuk membeli buku pelajaran sekolah, para orangtua mati-matian mengusahakannya, tapi membeli Al Quran untuk mengaji, diharapkan bantuan dari orang lain.

Kenapa ini bisa terjadi, karena sekarang banyak umat   tidak  memperdulikan masalah agama. Sekarang umat lebih memikirkan masalah dunia. Masalah agama dianggap sudah selesai dengan membangun pisiknya saja.

Sekarang banyak umat mengukur keberhasilan seseorang dari harta yang dimiliki. Dia merasa iri dan kagum kepada orang yang dalam waktu singkat dapat membangun rumah mewah dan membeli mobil baru. Amat jarang manusia yang iri kepada  kaum muslimin yang taat beribadah dan gemar bersedekah.

“Karena manusia lebih mementingkan kehidupan di dunia dari pada kehidupan di Akhirat, Allah SWT mulai murka, sehingga bencana makin merajalela. Justru itu, seyogyanyalah kaum muslimin hijrah ke arah yang lebih baik. Mari kita seimbangkan pendidikan untuk di dunia dan akhirat. Jangan hanya mengutamakan dunia, karena dunia ini hanya persinggahan. Sedangkan akhirat adalah tempat kita yang kekal dan abadi,” kata Ruhil. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.