Portal Kabupaten Sijunjung

SARUNAI SANGKOKALO WAKILI SIJUNJUNG IKUTI PEMILIHAN MEDIA TRADISIONAL TERBAIK TINGKAT PROVINSI

0

Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat mengadakan lomba pemilihan media tradisional terbaik tingkat provinsi Tahun 2017 pada Rabu (6/9) di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat yang diikuti oleh 19 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat.

Sanggar Seni Sangkakalo mewakili Kabupaten Sijunjung untuk mengikuti lomba tersebut. Seperti yang kita ketahui sanggar seni ini merupakan pemenang dalam lomba pemilihan Media Tradisional tingkat Kabupaten Sijunjung yang telah diselenggarakan pada bulan Juli lalu.

Sebelum lomba dimulai Panitia dan juri terlebih dahulu menyampaikan technical meeting kepada perwakilan dari masing-masing Kabupaten/Kota terkait penilaian dalam lomba. Juri dalam lomba ini yakni Mulyadi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wisni Lusita dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumbar, Rizal Tanjung dari Budayawan.
Mulyadi menyampaikan dalam lomba yang akan dinilai terkait waktu yang tidak lebih dari 30 menit, peralatan harus tradisional, memakai bahasa daerah, adanya pesan dalam cerita, dialog, tari, serta hiburan.

Dalam laporan panitia yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumbar Pemenang dari lomba ini akan mewakili Sumatera Barat pada lomba pemilihan media tradisional di tingkat nasional.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka secara langsung acara ini sekaligus memberikan sambutan. “Di Sumatera Barat banyak kesenian digunakan untuk penyampaian pesan gempa oleh BMKG sehingga pesan masuk ke dalam alam sadar masyarakat” ujarnya

Gubernur memberikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat terutama Kemkominfo yang meyelenggarakan ajang untuk kesenian tradisional bisa tampil dalam menyampaikan pesan sehingga budaya tradisional tetap terjaga dan lestari.
Perlombaan Tahun ini diikuti oleh hampir seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai dan pasaman Barat. (mega-kominfo) @sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.