Portal Kabupaten Sijunjung

Sambut Natal dan Tahun Baru, Polres Sijunjung Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2020

0

MC Sijunjung – Untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Sijunjung bersinergi dengan instansi terkait laksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2020 di Mapolres setempat, Senin (21/12/2020).

Apel tersebut diikuti oleh personel Polres Sijunjung, Kodim 0310/SSD, Dishub Sijunjung, Satpol PP Sijunjung, BPBD Sijunjung, Dinkes Sijunjung, dan Ormas, dengan perwira upacara Kasat Lantas Iptu Ghanda Novidiningrat Gunawan dan komandan upacara Ipda Avif Mulia Prata.STrK

Bertindak selaku pemimpin upacara Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan yang menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, bahwasanya Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya,” ujar Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan.

Lanjutnya, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

“Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” papar Kapolres Sijunjung.

Kemudian, berdasarkan mapping kerawanan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antarkelompok pemuda atau antarkampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Untuk itu, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dll.

Sementara untuk wilayah Polres Sijunjung, personel gabungan yang dilibatkan adalah 311 personel. Dan Pos pengamanan Operasi Lilin 2020 bertempat di Kiliran Jao, Kecamatan Kamang Baru, dengan 40 personel yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan Dinas Kesehatan.(Ajo Polres)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.