Portal Kabupaten Sijunjung

SAKIP Award Dilaksanakan Secara Virtual, Sijunjung Pertahankan Predikat B

MC Sijunjung. Hari ini Kamis, 22 April 2021, Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2020 diserahkan secara serentak oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahyo Kumolo. Penyerahan hasil evaluasi ini dikemas secara virtual meeting dan live di channel youtube Kementerian PANRB.

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Evaluasi SAKIP ini dapat memetakan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang merupakan hasil dari implementasi manajemen kinerja dan anggaran, berbasis kinerja secara berkesinambungan.

Dari SAKIP inilah akan diketahui bahwa setiap Rupiah anggaran yang dipergunakan oleh Pemerintah Daerah sebenarnya memberikan manfaat atau tidak kepada masyarakat. Dalam makna yang lain evaluasi SAKIP adalah bentuk pertanggung jawaban Pemerintah kepada publik atas penggunaan keuangan negara.

Penilaian SAKIP pemerintah daerah dibagi menjadi 7 kategori, yakni paling rendah D dengan rentang nilai 0-30. Kemudian kategori C untuk nilai 30-50, CC untuk nilai 50-60, B untuk nilai 60-70, BB untuk nilai 70-80, dan A untuk nilai 80-90. Adapun kategori tertinggi yaitu AA dengan hasil penilaian 90-100.

Pada penilaian SAKIP 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Sijunjung berhasil mempertahankan nilai SAKIP predikat B dan nilai REFORMASI BIROKRASI predikat C. Predikat ini merupakan bentuk upaya bersama seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam berkomitmen untuk terus meningkatkan akuntabilitas dan kinerja pemerintahan. PujiB-Kominfo.

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.