Portal Kabupaten Sijunjung

SAFARI RAMADHAN SEBAGAI MOMEN MENDENGAR KELUHAN MASYARAKAT

0

Sebagai bentuk upaya dalam menjaga silaturahmi antara masyarakat dengan pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung, khususnya dibulan Ramadhan, pemkab menurunkan sebanyak 20 tim safari Ramadhan yang mendatangi masjid yang ada di masing-masing Nagari, dan bertemu ramah dengan masyarakat yang ada di daerah yang akan dikunjungi. Tim safari Ramadhan dari pemkab ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama berlangsung di daerah utara dan selanjutnya akan diadakan di daerah selatan Kabupaten Sijunjung. Selain itu, Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung juga turun secara langsung dan menjadi ketua pada rombongan tim ramadhan tersebut.

Tim secara serentak diturunkan pada Senin (5/6) kemarin. Seperti halnya tim XI yang di ketuai oleh Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sijunjung, Ramler beserta Kepala dinas Perumahan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Khairal. Tim tersebut mendatangi masjid Istiqamah, Nagari Koto Tuo, kecamatan IV Nagari, dengan berjumlah 8 peserta yang melibatkan anggota DPRD, Sukardi, direktur Perusda Kinantan, Nafwan serta buya penceramah, H. Syafril.

Pada moment tersebut, masyarkat nagari Koto Tuo melalui Walinagari, Syamsir menyampaikan. “Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan terkait kebutuhan dan kendala kami diantaranya, sampai saat ini di nagari Koto Tuo tidak terjangkau oleh sinyal/jaringan seluler sehingga warga sulit dalam akses komunikasi, kemudian beberapa sekolah dasar yang ada di Nagari kondisinya kurang memadai, kemudian akses jalan yang menghubung nagari Koto Tuo dan Muaro sudag rusak parah,” tutur Walinagari dengan harapan menjadi perhatian oleh pemerintah daerah.

Pada kesempatan tersebut rombongan menyerahkan bantuan sebanyak sepuluh buah Al-quran, tiga gulung tikar sajadah untuk masjid. “Kami berterima kasih sekali kepada rombongan tim ramadhan dari kabupaten yang sudah bersedia berkunjung ke masjid kami, dan juga memberikan bantuan untuk masjid ini,” tambah Saymsir, Senin (5/6).

Kedatangan rombongan disambut dengan antusias oleh masyarakat. Tim yang turun merupakan wakil dari pemerintah daerah untuk menyampaikan dan menghimbau agar masyarakat untuk selalu menjaga dan mentaati peraturan yang berlaku, serta meningkatkan kesadaran agar terciptanya keadaan yang aman dan kondusif, dengan cara menghidupkan kembali kegiatan yang bersifat mendidik dan posistif, serta meningkatkan pengawasan terhadap hal yang dapat merusak lingkungan dan anak-anak. “Pesan dan kendala yang disampaikan Walinagari tadi terkait kebutuhan masyarakat akan kami sampaikan kepada pemerintah daerah dan dinas terkait untuk ditindak lanjuti. Kami juga mengingatkan kepada masyarakat agar meninngkatkan pengawasan terhadap anak, karena saat ini marak terjadinya kekerasan seksual terhadap anak serta keterlibatan anak generasi kita dalam penyalahgunaan narkoba,” tutur Ramler, selaku ketua tim XI.(endo) @ sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.