Portal Kabupaten Sijunjung

RPJMD DOKUMEN PENTING

0

Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) merupakan dokumen penting dalam pelaksanaan pembangunan suatu daerah.

Selain rencana program pembangunan yang merupakan penjabaran dari visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih, RPJMD juga memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, program dan lintas satuan kerja perangkat daerah serta program kewilayahan disertai rencana kerja yang bersifat indikatif yang memuat indikator pencapaian pembangunan.

RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2021, disusun melalui beberapa tahapan dengan mengakomodir berbagai kepentingan stakeholder pembangunan dan masyarakat secara luas. Selain itu penyusunan juga dilakukan secara realistis berdasarkan penilaian kondisi nyata sosial ekonomi masyarakat dan potensi sumber daya lokal yang ada, sehingga RPJMD lima tahun ke depan didasarkan pada kebutuhan semua pihak. Bukan keinginan sepihak, jelas Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo.

Penjelasan itu disampaikan bupati ketika memberi sambutan pada rapat paripuran penyampaian pendapat akhir Fraksi DPRD terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2021, digedung dewan, Senin (8/8). Rapat paripurna yang dipimpin ketua DPRD Mukhlis Rasyid, dihadiri Wakil Bupati Arrival Boy,  unsur Forkopinda, Sekdakab, pejabat teras Pemkab, kepala SKPD, kepala instansi vertikal, kepala BUMN, kepala BUMD, kepala bagian, wakil dan anggota DPRD serta camat se-Kabupaten Sijunjung.

Bupati menambahkan, RPJMD disusun berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Bagi daerah, Undang Undang ini menegaskan rencana pembangunan dibagi dalam tiga tahapan yaitu Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana  Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Penyusunan RPJMD 2016-2021, dilakukan secara terpadu, menyeluruh dan komprehensif serta mengedepankan partisipasi masyarakat dengan mempertimbangkan dan menampung aspirasi pemangku kepentingan dan stakeholder pembangunan lainnya.

RPJMD Kabupaten Sijunjung Tahun 2016-2021 merupakan tahapan pembangunan yang ketiga dari empat tahapan pembangunan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sijunjung Nomor 4 tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sijunjung 2005-2025.  Visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Sijunjung tahun 2005-2025, merupakan penjabaran dari cita-cita masyarakat, yaitu  ’mewujudkan masyarakat  yang madani’.

Karena itu, pada periode lima tahun mendatang, tahapan pembangunan dititik beratkan kepada pemantapan akselerasi penataan pembangunan daerah dengan kemajuan kesejahteraan masyarakat dan penguatan basis perekonomian daerah.

“Untuk itu, kita berharap  RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2021 ini dapat dipedomani oleh jajaran pemerintah daerah, kalangan dunia usaha, kalangan akademisi, para cerdik pandai, ulama dan LSM serta segenap kalangan masyarakat luas lainnya dalam melaksanakan pembangunan daerah, sehingga visi terwujudnya nagari madani yang maju, jaya, adil dan sejahtera tercapai sesuai harapan,” harap Bupati Yuswir Arifin. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.