Portal Kabupaten Sijunjung

RINGANKAN TUGAS PEMERINTAH, CSR BUTUH REGULASI

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung mendapatkan dana CSR pendidikan dari Bank Nagari, secara simbolis diserahkan oleh Pimpinan Bank Nagari Cabang Sijunjung, Serlis Yasih, SE, MM, seperti dilansir dari sijunjung.go.id, Senin (21/08). Istilah CSR barangkali belum begitu jamak dikenal. Apa itu CSR dan seberapa penting CSR bagi masyarakat?

CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan komitmen pelaku bisnis untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup para pekerja dan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. CSR meliputi bantuan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, pengentasan kemiskinan. Selain itu, ada juga kompensasi untuk pemulihan, peningkatan fungsi lingkungan hidup serta bantuan pembiayaan program peningkatan pertu.mbuhan ekonomi berkualitas yang berbasis kemasyarakatan.

Awalnya CSR bersifat sukarela (voluntary), namun dengan diberlakukannya Undang No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, khususnya Pasal 74 mewajibkan perseroan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, meskipun kewajiban ini masih terbatas pada perseroan yang kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam.

UU tersebut diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas yang mewajibkan perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Untuk mendukung aturan tersebut, Pemerintah Daerah dapat melakukan intervensi agar CSR benar-benar dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan yaitu berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan sesuai dengan kondisi, kekhasan, dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan.

Pemerintah Kabupaten Sijunjung seyogyanya makin giat mengambil peluang CSR perusahaan-perusahaan yang beraktifitas di wilayah Kabupaten Sijunjung untuk mendukung pembangunan. Melalui CSR akan tercipta hubungan antara pemerintah dan perusahaan dalam mengatasi berbagai masalah sosial, seperti kemiskinan, rendahnya kualitas pendidikan, minimnya akses kesehatan dan lain sebagainya.

Peran Pemerintah dalam menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya menjadi lebih ringan dengan adanya partisipasi pihak swasta (perusahaan) melalui kegiatan CSR. Dalam rangka mensinergikan program Pemkab dan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan CSR, Pemkab Sijunjung sebagai pemegang kekuasaan otonomi di daerah dapat menyusun regulasi berupa Peraturan Daerah yang mengatur tentang pelaksanaan CSR mampu mendorong upaya menjaga lingkungan hidup demi kesejahteraan masyarakat dan memberikan kepastian hukum bagi pihak swasta sehingga penyaluran dana CSR bisa selaras dengan program-program yang dijalankan Pemerintah. (Budhi_Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.