Portal Kabupaten Sijunjung

RESES BERGUNAKAN UNTUK BERTEMU KONSITUEN

0

RESES merupakan saat tepat bagi anggota legislatif dapat bersantai dari aktivitas di kantor. Namun bukan berarti santai tanpa makna. Dengan reses, anggota dewan pun memanfaatkannya untuk bertemu konstituen mereka dan menyerap aspirasi. Hal itulah yang diungkapkan Hendri Susanto,LC Anggota DPRD Sijunjung periode2014-2019.

Menurutnya, Reses adalah cara untuk mendapatkan kembali momen kebersamaan dan saling berbagi dengan masyarakat. “ Sebagai wakil masyarakat, harus selalu menyempatkan diri untuk saling berbagi apa saja, mendengarkan keluhan, keinginan dan berbagai isi hati yang kemudian dibundel dalam laporan reses,” ujarnya. Politisi partai PKS itu juga menambahkan bahwa hasil reses tersebut tidak hanya untuk dilaporkan, tetapi berbagai point aspirasi itu kemudian diusahakan untuk diperjuangkan.

Perjuangan itulah yang kemudian menunjukkan kualitas seorang angota dewan, apakah layak dipercaya sebagai wakil, atau bukan. “ Keinginan warga agar setiap wakil rakyat rela meluangkan waktu untuk bertemu mereka, tidak hanya di masa reses, tetapi pada hari-hari biasa ketika konstituen membutuhkan kehadiran mereka,” ujarnya.

Terhadap berbagai aspirasi tersebut, Hendri Susanto kembali menegaskan bahwa semua aspirasi akan diperjuangkan. Namun bertahap, tidak dapat tergesa-gesa, dan demikian memang sebuah kegiatan reses, ada pertemuan, ada aspirasi, ada penyerap aspirasi, ada perjuangan dan janji-janji. Namun tidak semua aspirasi terserap, dan tidak semua janji-janji terbukti, perjalanan itu sangat berliku dan pantas untuk dimaknai.

“bagi saya reses itu adalah sebuah rangkaian kegiatan yang sangat baik untuk dilakukan,dikerjakan menjadi pahala, diniatkan akan berbuah kebaikan, namun satu yang pasti dengan reses saya mengerti kondisi rakyat yang sebenarnya," ucapnya.- –(yan@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.