Portal Kabupaten Sijunjung

RENUNGKAN PERJALANAN MASA LALU

0

Sabtu, 18 Februari mendatang, Kabupaten Sijunjung genap berusia 68 tahun. Untuk memperingati hari kelahiran kabupaten itu, digelar berbagai perlombaan dan pertandingan disamping upacara  di  Tanjung Bonai Aur  dan rapat paripurna istimewah DPRD di gedung dewan yang merupakan acara pokok.

Namun menurut Wakil Bupati (Wabup) Sijunjung H. Arrival Boy,  memperingati hari jadi satu daerah, tidak cukup  hanya dengan menggelar berbagai kegiatan serimonial.

Tapi semua pihak, terutama pemimpin dan pelaku pemerintahan  dituntut mengoreksi dan mengintrospeksi diri.  Tepuk dada tanya hati nurani, apa yang telah dilakukan dan diperbuat  terhadap daerah dan rakyat. Jangan dibalik.

“Dengan  merenungkan perjalanan  masa lalu, kita dapat merumuskan kebijakan dan kiat yang harus dilaksanakan untuk menapak masa depan yang penuh tantangan dan rintangan. Sebab zaman akan terus berubah, setiap masa akan datang dengan segala problema. Tanpa ada kesiapan yang matang untuk menghadapinya, niscaya kita akan terjebak ke dalam lingkaran persolan yang semakin berat dan kompleks, sehingga upaya pemecahan pun akan menuntut pengorbanan yang cukup besar,” kata Wabup, Rabu (8/2), di ruang kerjanya.

Selain mengoreksi dan mengintrospeksi diri, kepada semua pihak Wabup juga berharap dan mengimbau supaya sejarah berdirinya Kabupaten  Sijunjung dijadikan motivasi dalam melaksanakan dan memacu pembangunan di segala bidang, sesuai cita-cita luhur dan perjuangan para pendiri kabupaten ini. Itu perlu dilakukan agar sejarah tidak tinggal sejarah.

Menyangkut pembangunan yang telah dicapai Kabupaten Sijunjung sampai pada usia ke-68 ini, sudah cukup berhasil. Namun masih banyak yang perlu dikerjakan.

Untuk itu, dituntut inovasi dan kreatifitas semua pihak, termasuk masyarakat, karena membangun  satu daerah tidak hanya tertumpu dan tanggungjawab pemerintah semata, tapi peran aktif serta perhatian dan kepedulian segenap warga, juga sangat penting dan menentukan.

Disadari sepenuhnya, melaksanakan pembangunan dalam kondisi daerah yang cukup sulit seperti sekarang, bukanlah pekerjaan yang mudah, apa lagi mengejar ketertinggalan dari daerah yang sudah lebih dulu maju.

“Justru  itu, memanfaatkan momentum peringatan  hari jadi ke-68 ini, kita semua harus lebih giat dan proaktif dalam berbagai hal, dengan tekat dan harapan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” imbau Wabup.

Begitu juga seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dituntut lebih berupaya serta bekerja keras dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai Rancangan Anggaran Satuan Kerja (RASK) dan anggaran dana yang diajukan, supaya RASK dan anggaran itu tidak hanya sekedar diajukan dan diminta, pesan Wabup Arrival Boy. –nas @ sijunjung.go.id

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.