Portal Kabupaten Sijunjung

RENCANAKAN PEMBANGUNAN DENGAN MATANG

0

Seluruh kegiatan pembangunan daerah, diawali dengan perencanaan yang tertuang dalam dokumen. Kegiatan akan terlaksana dengan baik serta mencapai sasaran yang diinginkan apabila diawali dengan perencanaan yang matang.

Oleh karena itu, dalam membuat perencanaan, dibutuhkan banyak komponen, diantaranya analisa kondisi wilayah, indentifikasi permasalahan yang dihadapi dan potensi yang mungkin dikembangkan, kata anggota DPRD Kabupaten Sijunjung  Syarijal, di gedung dewan.

Karena begitu pentingnya perencanaan, seorang perencana harus memiliki kemampuan dan kemauan untuk melakukan analisa yang mendalam terhadap satu kegiatan, sehingga perencanaan bukan hanya sekedar keinginan yang terlintas sesaat, tapi kebutuhan yang diperlukan masyarakat serta bermanfaat terhadap perkembangan wilayah secara menyeluruh.

Disamping itu, perencanaan juga  merupakan suatu proses untuk menentukan program masa depan yang tepat melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia.

“Makanya, sebagaimana saya katakan, menyusun sebuah rencana yang matang, bukanlah pekerjaan mudah yang dapat dilakukan setiap orang. Sebab, ketajaman berpikir dan kemampuan menganalisa kondisi, merupakan persyaratan mutlak yang harus dikuasai oleh seorang perencana,” jelas kader terbaik Partai Bulan Bintang ini.

Supaya tercipta tenaga perencana yang handal, dengan kata lain mampu menyusun perencanaan pembangunan sesuai kebutuhan, baik di tingkat nagari dan kecamatan, maupun di tingkat kabupaten, hendaknya Pemkab Sijunjung menyelenggarakan bimbingan teknis (Bintek) perencanaan.

Bintek yang diselenggarakan, diharapkan bisa meningkatkan kemampuan tenaga perencana dalam menyusun dan menetapkan rencana pembangunan sesuai kebutuhan, sekaligus mengevaluasinya, harap Syarijal. -nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.