Portal Kabupaten Sijunjung

REMAJA PRODUKTIF DILATIH SULAMAN

0

Puluhan remaja usia produktif dari berbagai nagari di Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung mengikuti diklat 3 in 1  pembuatan busana sulaman bayang.

Ada 70 peserta mengikuti diklat ini.Kegiatan ini merupakan kerjasama Balai Dilat Indistri (BDI) Padang dengan Bunda Sulaman Bordir Tanjung Gadang,” kata pemilik Bunda Sulaman Bordir, Miswarti di Muaro Sijunjung.

Menurut Miswarti, diklat pembuatan busana sulaman bayang ini merupakan kerjasama dengan BDI Padang.Kegiatan itu, sambung dia, untuk meningkatkan keterampilan remaja dan sekaligus mengurangi angka pengangguran masyarakat Sijunjung.

Selain meningkatkan keterampilan dan mengurangi angka pengangguran remaja, sambung dia, kegiatan yang digelar selama 18 hari kerja itu juga dimaksud untuk membangkitkan kerajinan sulaman bayang yang kini banyak diminati, baik untuk baju maupun  mukena.

Dekranasda Kabupaten Sijunjung sendiri, lanjut Miswarni, menetapkan kawasan Tanjung Gadang sebagai sentra sulaman bayang.Karena itu dia berharap, dengan adanya pelatihan sulaman bayang melahirkan pengrajin sulaman yang ternama.

Soalnya, peserta yang dilatih ini berusia antara 18-35 tahun dan sekaligus diharapkan mereka bisa menjadi pelatih bagi remaja usia produktif lainnya, baik di nagari mereka sendiri maupun di nagari tetangga lainnya.

“ Kita berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, lahir pengrajin sulaman ternama dari Kecamatan Tanjung Gadang dan sekaligus meningkatkan ekonomi keluarga,” ucapnya.-zet “sijunjung.go.id”

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.