Portal Kabupaten Sijunjung

Rektor IPDN Resmikan Pos Kamling Koto Tuo

0

Koto Tuo. MC. Sijunjung, – Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Prof. Murtir Jeddawi resmikan pemakaian pos keamanan lingkungan (Kamling) Nagari Koto Tuo, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Sabtu (27/4) sore.

Peresmian pemakaian pos Kamling yang ditandai dengan menggunting pita, dihadiri Sekdakab Sijunjung; Zefnihan, sejumlah kepala OPD, Kabag Humas dan Protokol; Jasril, Forkopimcam IV Nagari, walinagari serta tokoh dan pemuka masyarakat Koto Tuo. Selain itu juga hadiri kepala satuan latihan praktek lapangan praja IPDN; Mulyadi dan anggota tetap (Antap) praktek lapangan praja.

Pos Kamling Nagari Koto Tuo diresmikan pemakaiannya setelah pembangunannya dituntaskan oleh empat praja IPDN kampus Sumatera Barat yang  melaksanakan praktek lapangan  dari 9 sampai 29 April, di nagari tersebut.

Keempat praja itu, Mavin Persulessy (asal pendaftaran Porvinsi Maluku), Aldian Ramadhan (Sumatera Utara), Yolanda Permata Sari (Lampung) dan Amelia Arasmaita Sembiring (asal pendaftaran Banen).

Disamping menuntaskan pembangunan pos Kamling dengan cara memasang jendela kaca dan mencat bangunan, bersama pemerintahan nagari dan masyarakat, keempat praja itu juga melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam mengoperasionalkan pos yang dibangun.

Sarana dan prasarana itu, antara lain televisi berwarna, antena parabola, dispenser, feelbet bad (tempat tidur), meja, tongkat Polri, whteboard, senter, kentongan, tempat sampah dan pagar pos Kamling.

Walinagari Koto Tuo, Beny Putra mengatakan, awalnya pos Kamling berukuran 3×3 meter ini dibangun pada tahun 2016 melalui kegiatan Bulan Bhakgti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dengan pagu dana Rp15 juta. Namun karena keterbatasan dana pembangunannya belum selesai 100 persen.

Alahamdulillah, sekarang pembangunannya sudah dituntaskan oleh empat praja IPDN besama pemerintahan nagari dan masyarakat. Bahkan pos Kamling yang cukup anggun dan mega ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana.

“Untuk itu, atas nama pemerintah nagari dan seluruh masyarakat Koto Tuo, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada keempat praja IPDN kampus Sumatera Barat yang telah melakukan perbuatan sangat berarti dan bernilai selama melaksanakan praktek lapangan di Nagari Koto Tuo,” kata Beny Putra.

Senada dengan walinagari Koto Tuo, Sekdakab Zefnihan juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor IPDN Jatinangor dan rektor IPDN kampus Sumatera Barat yang telah memilih Kabupaten Sijunjung sebagai tempat praktek lapangan praja IPDN, dengan harapan tahun berikutnya Sijunjung tetap menjadi pilihan bagi pihak IPDN  untuk tempat praktrek  lapangan praja.

Sementara Rektor IPDN Jatinangor Murtir Jeddawi mengatakan, praja IPDN dididik, ditempa serta disiapkan untuk menjadi pegawai dan pejabat yang melayani, bukan dilayani.  Klimas dari didikan dan tempaan itu, semakin tinggi jabatan semakin tinggi pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat.

“Menuntaskan pembangunan pos Kamling Nagari Koto Tuo yang dilakukan praja bersama pemerintahan nagari dan masyarakat, adalah bagian dari didikan dan tempaan yang diterapkan di kampus,” kata Murtir Jeddawi. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.