Portal Kabupaten Sijunjung

RAPAT PERSIAPAN PERINGATAN HARI TOILET SE DUNIA DI SIJUNJUNG

0

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Hari Toilet Se-Dunia, serta Kegiatan Bhakti Karang Taruna Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018 yang akan dipusatkan di Kabupaten Sijunjung, maka panitia yang telah dibentuk mengadakan rapat persiapan di Bapppeda, Selasa (30/10), diikuti seluruh OPD terkait.

Rapat dipimpin Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin didampingi Sekdakab, Zefnihan, AP, M.Si, serta Ketua DPRD, Yusnidarti, SH, MM. Turut hadir Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar serta STBM Sumbar.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, drg.Ezwandra, pelaksanaan kegiatan ini telah berkoordinasi dengan NJO Belanda, dan Hari Toilet Se-Dunia bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional pada bulan November.

” Tema kegiatan ini direncanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan adanya 23 Nagari yang akan 100% ODF, serta pelaksana kegiatan dilakukan oleh 3 OPD yakni Bapppeda, Dinkes, dan Dinas Sosial”, ujarnya.

Ditambahkan, Kepala Bapppeda, Febrizal Ansori, M.Si, kegiatan ini didasari surat dari SNV yang meminta agar Kabupaten Sijunjung menjadi tuan rumah pelaksana Hari Toilet Se-Dunia di Sumatera Barat.

” Kita juga akan mengundang empat Kementeriaan, yakni Bappenas, Kementeriaan PU, Kementeriaan Kesehatan, serta Kementeriaan Desa”, terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Drs. Ahmattullah menerangkan untuk pelaksanaan Kegiatan Bhakti Karang Taruna direncanakan diikuti 10 Karang Taruna se Kabupaten Sijunjung serta diisi dengan kegiatan penanaman bibit.

” Kegiatan Bhakti Karang Taruna akan bertemakan pemuda peduli sanitasi dalam rangka Hari Toilet se Dunia”, katanya.

Bupati Sijunjung dalam arahannya menyampaikan agar persiapan dilakukan secara matang.

” Mengingat kita akan mengundang empat Kementeriaan dan Kepala Daerah se Sumatera Barat”, pesan Bupati.

Menurut Zefnihan, Hasil rapat secara keseluruhan akan dilaporkan kepada Gubernur Sumatera Barat.

“Disepakati peringatan Hari Toilet Se-Dunia dan Hari Kesehatan Nasional direncanakan tanggal 21,22,23 November. Sementara itu Hari Bhakti Karang Taruna akan dilaksanakan tanggal 10,11,13 November”, jelasnya.(Mega-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.