Portal Kabupaten Sijunjung

RANPERDA SUSUNAN PERANGKAT DAERAH, DISAMPAIKAN BUPATI

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, pada rapat Paripurna Istimewa DPRD Sijunjung, di gedung DPRD Sijunjung, Jumat (26/8) lalu). Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Bupati Yuswir Arifin terdapat 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mulai dari tipe A,B dan tipe C.

Rapat yang dimpimpin Langsung oleh ketua DPRD, Mukhlis Rasyid itu berjalan sesuai dengan program yang direncanakan. Pada kesempatan itu, juga hadir wakil Bupati Arrival Boy, serta anggota DPRD, Sekretaris Daerah (Sekda) At Rohendi, Forum Komunikasi Antar Daerah (Forkopimda) dan kepala Satua Perangkat Daerah (SKPD).

Bupati Sijunjung mengungkapkan, bahwa perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah dan intruksi Mentri Dalam Negeri Nomor 061/2911/sj tahun 2016 tentang tindak lanjut PP nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah. Dasar utama pembentukan daerah yaitu adanya urusan pemerintah daerah yang diserahkan  kepada daerah yang terdiri dari atas urusan pemerintah wajib dan pemerintah pilihan.

Adapun susunan Perangkat Daerah yang diusulkan dalam Ranperda Sijunjung tersebut yang terdiri dari, Sekretariat Daerah Sijunjung dengan tipe A, Sekretariat DPRD Sijunjung tipe B, Inspektorat Daerah tipe B, kemudian dinas yang terdiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan tipe A, Dinas Kesehatan  tipe B, Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruangan tipe  B, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman tipe B, Satuan Polisi Pamong Praja tipe B, Dinas Kebakaran tipe C, Dinas Sosial, pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tipe A, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tipe B, Dinas Pangan dan Perikanan Tipe A,

Selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup tipe B, Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil tipe B, Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Nagari tipe B, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana tipe B,  Perhubungan tipe C, dinas Komunikasi dan Informatika tipe B, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu pintu tipe B, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi  dan Menengah tipe B, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tipe B, Dinas Pariwisata, pemuda dan olahraga tipe B dinas Pertanian tipe A,

Selain itu terdapat Badan Daerah yang terdiri dari Badan Perencanaan, Penelitian dan pengembangan Daerah tipe A, Badan Keuangan Daerah tipe A , Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Latihan tipe C, dan juga ditetapkan kecamatan diantaranya, Kecamatan Tanjung Gadang, Sijunjung, IV Nagari, Kamang Baru, Lubuk Tarok, Koto VII, Sumpur Kudus dan kecamatan Kupitan dengan tipe A.

“Untuk melaksanakan sebagian kegiatan  teknis Operasional dan kegiatan teknis penunjang tertentu maka pada dinas daerah dan Badan daerah dapat dibentuk untuk pelaksana teknis. Disamping unit pelaksana teknis dinas terdapat unit pelaksana teknis di bidang pendidikan berupa satuan pendidikan yang berbentuk satuan pendidikan formal,”ungkapnya.

Selain itu katanya, dapat dibentuk unit pelaksana teknis dibidang kesehatan berupa rumah sakit daerah Kabupaten yang bersifat otonom dalam penyelenggaraan tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis serta menerapkan  pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah serta  pusat  pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Khusus terkait dengan urusan pemerintah dibidang kesatuan Bangsa dan Politik serta urusan pemerintah dibidang bencana akan diatur dengan peraturan  perundang-undangan  tersendiri. Untuk menghindari kevakuman pelayanan pemerintah dibidang  kesatuan bangsa dan politik serta urusan pemerintah  di bidang bencana , maka kedua SKPD yang saat ini menangani urusan tersebut akan tetap eksis sampai dengan lahirnya regulasi terbaru yang mengatur kedua urusan tersebut.

Ditempat terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) AT Rohendi menyebutkan, bahwa dalam OPD yang diajukan pemerintah daerah (pemda)  Tidak ada kantor. Namun, jumlah OPD yang diusulkan pemerintah bertambah dari SKPD yang ada saat ini. Meskpun ada beberapa SKPD yang dihapus dan ditarik kewenangannya ke pemerintah propinsi dan pusat.  Saat ini OPD terdapat sebanyak 33 buah, sedangkan yang diusulkan pemerintah sebanyak 34 buah. Lantaran, diantara OPD yang ada saat ini dipecah menjadi beberapa Bagian, diantaranya, Dinas Sosial, Transmigrasi dan tenaga Kerja menjadi Dinas Sosial dan Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi, kemudian Dinas Pekerjaan Umum menjadi dua Bagian yaitu  Dinas Pekerjaan umum dan Penatan ruang dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Kemudian Badan Lingkungan Hidup Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu terdiri dari dua dinas yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi menjadi dua dinas yaitu Dinas Perhubungan dan dinas Komunikasi dan Informatika.

“Selain itu, terdapat Dinas yang dihapus dari OPD yang diusulkan pemerintah, seperti Dinas Peternakan dan perikanan  serta  BP4KKP. Bahkan ada kewenangan dinas yang  ditarik ke propinsi  ke pemerintah pusat yaitu dinas Kehutanan ditarik ke pemerintah Propinsi serta  Dinas Pertambangan dan Energi, “urainya

Pada kesempatan itu, Sekda meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap bekerja sebagaimana mestinya, meskipun dalam OPD yang diusulkan pemerintah itu tidak ada SKPDnya. Dan tidak pula khawatir dengan pekerjaan selanjutnya, karena ASN diSKPD yang diusulkan untuk dihapus akan ditampung pada SKPD yang lain, sesuai dengan  bidang keahlian pada OPD yang diusulkan pemerintah daerah. “Bahkan pemerintah juga menarik beberapa ASN yang ditarik ke pemerintah Propinsi dan pemerintah pusat seperti pada Dinas Kehutanan dan Dinas Pertambangan dan Energi,” bebernya.

Ketua DPRD Sijunjung,Mukhlis Rasyid mengutarakan, bahwa Nota penjelasan Bupati Sijunjung, akan ditindaklanjuti oleh Anggota DPRD Sijunjung, yaitu  pada pandangan Umum Fraksi DPRD Sijunjung , 6 September mendatang. Untuk itu, seluruh fraksi DPRD untuk menyiapkan rumusan dalam pandangan umum fraksi DPRD.-PDE.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.