Portal Kabupaten Sijunjung

Puncak Peringatan Hari Ibu Istimewa

0

Muaro, MC Sijunjung – Puncak peringatan Hari Ibu ke-91 tingkat Kabupaten Sijunjung yang dipusatkan di Balairung Lansek Manih Muaro Sijunjung, Kamis  (19/12), tidak hanya semarak dan meriah, tapi juga istimewa.

Dikatakan istimewa, karena pada puncak peringatan Hari Ibu itu, kaum perempuan dan anak Kabupaten Sijunjung mendapat kado dari Menteri Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), berupa satu unit mobil Luxio X.

Mobil yang diberikan Menteri PPPA atas keseriusan Pemkab Sijunjung dalam memberikan perlindungan kepada kaum perempuan dan anak, diterima Bupati Bupati H. Yuswir Aifin Datuak Indo Marajo yang ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dan peneimaan kunci kontak dari utusan Kementerian PPPA, Hasan.

Mobil yang diterima dalam benuk hibah itu, kegunaannya adalah untuk memperluas jangkauan pelayanan  terhadap korban kekerasan dan memfasilitasi korban kekerasan dalam proses konseling, trauma healing, persidangan dan rehabilitasi serta reintegrasi sosial kepada masyarakat.

Puncak peringatan Hari Ibu berlangsung semarak dan meriah, disamping dihadiri  Bupati Yuswir Arifin, Wakil Bupati H. Arival Boy, Forkoimda, pejabat teras Pemkab, kepala Organisasi  Perangkat Daerah (OPD), ketua dan pengurus berbagai organisasi wanita serta camat se-Kabupaten Sijunjung, tidak saja ditandai dengan pemotongan kue, tapi juga diisi dengan berbagai kegiatan yang membuat susana meriah.

Berbagai kegiatan yang membuat susana meriah itu, tari pasambahan, parade busana daur ulang, parade busana Unggan, penyerahan hadiah, nyanyi bersama bupati dengan wakil bupati, Forkopimda dan ketua berbagai organisasi wanita.

Selain itu, puncak peringatan Hari Ibu yang diawali dengan pembacaan Kalam Illahi oleh Vini, juga diisi dengan pembacaan doa oleh Adri, mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila oleh bupati, pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh pengurus Dharma Wanita Persatuan.

Sedangkan laporan panitia pelaksana disampaikan ketua Persid Candara Kirana, Ny. Helmien Dwi Putranto, sejarah singkat hari ibu dibacakan ketua Gabungan  Organisasi Wanita, Ny. H. Ria Arival Boy. Sementara ketua tim penggerak PKK Ny. Hj. En Yuswir Arifin dan bupati berkenan memberi sambutan.

Selain mengapresiasi panitia pelaksana yang telah bekerja dengan baik dan sukses, sehingga puncak peringatan Hari Ibu berlangsung semarak dan meriah, Bupati Yuswir Arifin juga mengimbau masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sijunjung bersyukur kehadirat Allah SWT dan berterima kasih kepada Menteri PPPA yang telah menghibahkan satu unit mobil kepada pemerintah Kabupaten Sijunjung pas pada puncak peringatan Hari Ibu.

Untuk diketahui, tidak semua kabupaten dan kota mendapat hibah mobil dari Kementerian PPPA. Yang mendapat, hanya kabupaten dan kota yang serius  memberikan perlindungan kepada kaum perempuan dan anak.

“Karena itu, dalam kesempatan baik ini, saya mengimbau masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk bersyukur kehadirat Allah SWT dan berterima kasih kepada Menteri PPPA, dengan doa dan harapan ke depan kita lebih serius dan sungguh-sungguh dalam memberikan perlindungan kepada kaum perempuan dan anak,” kata Bupati Yuswir Arifin.

“Pada Hari Ibu ini, semua kita tanpa kecuali diharapkan memetik hikmah yang dalam tentang pentingnya ibu. Karena seorang ibu adalah sosok yang tak tergantikan oleh apa dan siapa pun. Ibu adalah sosok yang selalu ada ketika kita membutuhkannya. Ibu sosok yang selalu rindu saat kita melupakannya. Seorang ibu  selalu memaafkan bila kita berbuat salah padanya.

Seorang ibu adalah sosok yang kasih sayangnya melampaui mentari yang kadang hilang ditelan malam atau bulan yang lenyap oleh pajar. Kasih sayang seorang ibu tidak berujung dan tidak berkesudahan,” demikian antara lain pesan ketua TP PKK Ny. En Yuswir Arifin kepada yang menghadiri puncak peringatan Hari Ibu.  –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.