Portal Kabupaten Sijunjung

PUBLIK BERHAK UNTUK TAHU

0

Bupati: “Jika ada yang tidak mau memberikan data, laporkan pada saya,”

Sebagai bentuk upaya dalam menjamin keterbukaan informasi publik sebagaimana yang telah tertera dalam undang-undang no 14 tahun 2008, serta perlunya penyebarluasan informasi kepada masyarakat demi terwujudnya kualitas pembangunan di Kabupaten Sijunjung, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menegaskan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan seluruh instansi pemerintahan  yang ada dilingkungan pemkab Sijunjung, agar bersikap terbuka dan menyeluruh dalam memberikan informasi. Hal tersebut diungkapkannya pada saat menggelar pertemuan yang dihadiri oleh Asisten I dan sejumlah kepala dinas, serta awak media yang bertugas di Sijunjung. Pertemuan tersebut digelar dalam rangka persiapan menyambut hari jadi kabupaten yang ke-68.

“Jika ada kepala dinas ataupun instansi pemerintah yang tidak mau  memberikan data ataupun yang tidak mengerti dengan bidangnya, laporkan kepada saya dan akan saya panggil,” tutur Bupati saat pertemuan tersebut, beberapa waktu lalu.

Dikatakan, pentingnya penyebarluasan informasi kepada masyarakat sebagai upaya menunjang pembangunan daerah sehingga program dan pelaksanaan pembangunaan itu sendiri dapat diketahui oleh masyarakat di Kabupaten maupun luar daerah. “Pemerintah tidak bisa dipisahkan dengan media, karena peran media sebagai penyedia informasi kepada publik, baik itu tentang program, pelaksanaan pembangunan, pencapaian dan lainnya,” tambah  Bupati Yuswir Arifin.

Meskipun sejumlah pejabat di daerah sudah memahami pentingnya keterbukaan informasi publik tersebut, namun memang tak di pungkiri kalau masih ada yang bersifat tidak terbuka dan menyembunyikan hal-hal yang harusnya diketahui oleh masyarakat, atau dengan memberikan jawaban tidak mengetahui dan tidak terlalu paham dengan hal yang di pertanyakan.

Disamping itu, Bupati juga mengingatkan agar informasi yang disajikan kepada masyarakat memenuhi syarat dan ketentuan, serta memiliki data yang jelas dan akurat. “Informasi yang disajikan harus akurat dan memenuhi ketentuan, sehingga memberikan manfaat pada pembaca dan bersifat informatif. Saya berharap, tidak semua hal yang langsung diberitakan begitu saja tanpa memastikan kebenarannya terlebih dahulu, karena pada dasarnya pemberitaan adalah upaya mencari solusi,” ujarnya.(endo) sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.