Portal Kabupaten Sijunjung

PROYEK PEMBANGUNAN KIOS MINI IKAN DALAM PROSES LELANG

0

Pekerjaan pembangunan kios mini ikan di Pasar Nagari Tanjung Gadang masih dalam tahap proses tender dan belum ada pemenangnya.

“ Pembangunan kios mini ikan di Pasar Nagari Tanjung Gadang saat ini masih dalam proses tender di LPSE Kabupaten Sijunjung,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Ir.Sutarto, Senin (30/5).

Menurut dia, kalau sudah selesai proses tender, maka pembangunan kios mini ikan di Pasar Nagari Tanjung Gadang segera dimulai. Sutarto memperkirakan pertengahan Juni 2016 ini pekerjaan pembangunan kios mini ikan sudah mulai dilaksanakan.

Untuk pembangunan kios mini ikan itu, sebut Kabid Perikanan, Pemerintah Kabupaten Sijunjung telah mengalokasikan dana sebesar Rp308 juta.Dana sebesar itu, berasal dari dana DAK Kementrian Kelalutan dan Perikanan RI sebesar Rp260 juta dan sisanya dana pendamping dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Sebelumnya, pembangunan kios mini ikan berukuran 8 X 15 M tersebut mengingat pasar yang berada tak jauh dari jalan Lintas Sumatera belum memiliki tempat atau kios bagi pedagang ikan.Penggalas ikan yang datang setiap hari pasar (Sabtu-red), mengelar dagangannya berpencar-pencar.

Aktivitas seperti itu, sebut Sutarto, selain tidak tertata atau berada di satu tempat, juga menyulitkan para pembeli.Bahkan, limbah atau air bekas dagang ikan sering menimbulkan bau tak sedap dan  mengganggu  warga yang berada di sekitar pasar.

“Selain tidak berada disatu tempat, limbah atau air bekas dagangan ikan itu menimbulkan baru dan menganggu warga sekitar,” tutur Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung.

Karena itu, Pemkab Sijunjung melalui Dinas Peternakan dan Perikanan mengajukan proposal bantuan pembangunan kios mini ke Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.”Alhamdulillah, permohonan kita disetujui Kementrian Kelautan dan Perikanan RI,” ujarnya.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.