Portal Kabupaten Sijunjung

Program Pokok PKK Mewujudkan Keluarga Sehat

0

Kamang, MC Sijunjung – Secara fungsional, istri walinagari mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai ketua ketua tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di masing-masing nagari.

Disamping iu, istri walinagari juga sebagai bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) nagari dan ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) serta perpanjangan tangan ketua TP PKK kabupaten di nagari.

Karena itu, berhasil atau tidaknya pelaksanaan program dan kegiatan di nagari, sangat tergantung pada kiat dan keaktifan ketua TP PKK nagari, kata ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Hj. En Yuswir Arifin pada pelantikan Ny. Anisa Syahbudin, Ny. Jusmawati Silam dan Ny. Yusmaidar Emel Salim  sebagai ketua TP PKK Nagari Kunangan Parik Rantang (Kunpar) serta ketua TP PKK Nagari Maloro dan Aie Amo, Kecamatan Kamang Baru, di Unit Daerah Kerja  Pemerintah (UDKP) setempat, Senin (30/12).

Pelantikan ketua TP PKK Nagari Kunpar, Maloro dan Aie Amo yang disejalankan dengan pengambilan sumpah dan pelantikan Walinagari Kunpar dan Maloro, dihadiri Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, ketua dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung; Bambang Surya Iwan, Emelda Wiguna, Indrawadi, Dasep, Sarikal, Sukardi, Mukhlis dan Sabirin, Dandim 0310/SSD Letkol Inf. Dwi Putranto, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia; Mashariyanto, sejumlah Kepala Organi Perangkat Daerah (OPD), ketua tim penggerak PKK Ny. Hj. En Yuswir Arifin bersama anggota, Forkopimcam dan walinagari se-Kecamatan Kamang Baru serta segenap unsur masyarakat Nagari Kunpar dan Maloro.

Sedangkan pelantikan ketua TP PKK Nagari Aie Amo disejalankan dengan pelantikan ketua TP PKK Nagari Kunpar dan Maloro, karena ketika Emel Salim  dilantik sebagai Walinagari Aie Amo, di gedung Pancasila di Muaro Sijunjung, 17 Oktober 2019, Ny. Yusmaidar Emel Salim  tidak dilantik karena tengah mengikuti prajabatan, kata kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Sijunjung, Khamsiardi selaku ketua panitia pelantikan walinagari dan ketua TP PKK nagari.

Selain menjelaskan tugas dan tanggungjawab yang diemban istri walinagari,  Ny. En Yuswir Arifin juga berharap kepada kedua ketua TP PKK nagari yang dilantik melanjutkan dan meningkatkan kegiatan PKK yang telah diperbuat pejabat lama. Terutama di bidang 10 program pokok PKK, karena tujuan dari  pelaksanaan 10 program pokok PKK adalah mewujudkan keluarga sehat sejahtra lahir dan batin.

“Sesuai tugas dan tanggungjawab yang diemban, kepada ketua TP PKK nagari yang baru dilantik, saya berharap berbagai kegiatan PKK yang telah diperbuat selama ini oleh pejabat lama dapat dilanjutkan dan ditingkatkan. Terutama di bidang 10 program pokok PKK, karena tujuan dari pelaksanaan 10 program pokok PKK adalah mewujudkan keluarga sehat sejahtra lahir dan batin. Untuk itu, jalin dan binalah kerjasama yang baik dengan sesama pengurus,” pesan Ny. En Yuswir Arifin. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.