Portal Kabupaten Sijunjung

POTENSI NAGARI TIMBULUN

0

Pelaksanaan Diseminasi Informasi melalui Media Tradisional di Nagari Timbulun pada Kamis malam (3/8) diterima dengan baik oleh warga negara tersebut terutama Wali Nagari beserta perangkatnya, ninik mamak dan alim          ulama.

Kegiatan yang mengangkat kesenian tradisional yang ada di Nagari Timbulun sebagai media dalam mendesiminasikan informasi pemerintah kepada masyarakat memberikan kebanggaan bagi mereka.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kelestarian kesenian tradisional di Nagarinya, Viprisal, Wali Nagari Timbulun memberikan bantuan pakaian Randai kepada dua grup yang tampil malam itu Grup Randai Minang Sepakat dan Randai Baringin Sarumpun dengan total nilai Rp 6.000.000,- dari    Dana    Nagari.

Ia memaparkan Dana Desa Tahun Anggaran 2017 telah dimanfaatkan mencapai 70% pada Agustus ini. BUMNag Timbulun juga telah mencairkan modal awal sebesar Rp. 300.000.000,- untuk membantu UMKM yang ada di Nagari untuk memulai usahanya. Untuk aktivitas perekonomian cukup baik dimana tercatat rata-rata 30 kendaraan           keluar masuk ke  Nagari  tersebut.

Nagari Timbulun tengah concern terhadap pengembangan potensi pariwisata Air Terjunnya, terbukti dengan bantuan dari perantau sebesar Rp 9.000.000,- telah dibuat Gerbang Selamat Datang di lokasi wisata tersebut. Jalan menuju lokasi wisata  telah dikerjakan pada tahun ini yang didanai dari BBGRM sebesar Rp 15.000.000,- dan Rp             5.000.000,-  merupakan sumbangan masyarakat.

Nagari Timbulun juga memiliki agenda rutin tahunan yaitu Acara Bakatik Adat yang diselenggarakan setelah Hari Raya Idul Fitri atau setelah puasa enam. Bakatik Adat merupakan kegiatan untuk meregenerasi khatib/PENCERAMAH dimana khatib muda membasuh kaki khatib yang tua (yang sudah berpengalaman) setelah itu diisi dengan acara hiburan.

Kegiatan ini sekaligus untuk menyambut para perantau yang mudik ke kampung halaman. Viprisal berharap potensi pariwisata Air Terjun Timbulun dan Bakhatib Adat mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi Nagari Timbulun.(mega-kominfo)@sijunjung.go.id

Sumber : Viprisal, Wali Nagari Timbulun

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.