Portal Kabupaten Sijunjung

POSYANDU LANSIA PADANG LAWEH DAPAT KUNJUNGAN 6 NEGARA

0

Sijunjung, Kementrian Sekretariat Negara Dan Kementrian Kesehatan Bekerja sama dengan JICA ( Japan Internatonal Coopertation Agency ) Dalam Program Panduan Kesehatan ibu dan anak berkunjung ke Nagari Padang Laweh Dalam Study Banding tentang kesehatan Ibu dan Anak, acara ini beranggotakan 11 Orang yang terdiri dari 6 Negara yang terdiri dari Kenya, Afghanistan, Jepang, Tajikistan, Filipina, Thailand. Adapun wisatawan yang ikut kegiatan ini berlatar belakang Dokter.

kerjasama ini sudah mulai di bentuk pada tahun 1994 pada awalnya membentuk sebuah buku tentang Kesehatan Ibu Dan Anak. Sedangkan pada tahun 2007 sampai saat ini merupakan fase ketiga  Thrid Country Training Program.

“Sumatera Barat ditunjuk secara langsung oleh Kementrian Kesehatan sebagai salah satu pusat kegiatan Third Country Training Program pada tahun ini, Nagari Padang Laweh terpilih sebagai salah satu tempat kegiatan karena Nagari Padang Laweh Memiliki kelompok pemberdayaan lansia yang cukup aktif dan semangat dalam penyampaian informasi tentang kesahatan Ibu dan Anak dalam koodinasi tenaga kesehatan setempat”, ujar Rizki selaku tim JICA ketika diwawancarai Crew media online Sijunjung di lapangan.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas KESBANGPOL Yunani, Kepala Dinas Kesehatan Ezwandra, Sekretaris Dinas Kesehatan Mendro, Ariesto Amri selaku Translator dari Dinas Pendidikan dan Satuan pengamanan Dari kepolisian, Dinas Perhubungan beserta SATPOLPP.

Disela- sela kegiatan para wisatawan juga sempat melakukan kunjungan ke beberapa rumah warga setempat untuk melihat perkembangan kesehatan Ibu dan anak yang didampingi oleh kader lansia Nagari Padang Laweh serta mereka juga sempat melihat bahkan membeli cindera mata hasil dari kerajinan tangan Ibu-ibu UP2K, KUBE dan UPPKS Nagari Padang Laweh.(Ardi / Rio_Kominfo@sijunjung.go.id )

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.