Portal Kabupaten Sijunjung

POKLAHSAR HARAPAN BUNDA TOREHKAN PRESTASI

0

Apresiasi pantas diberikan kepada kelompok pengolah dan pemasar (Poklasar) ikan Harapan Bunda Nagari Unggan Kecamatan Sumpur Kudus.

Kenapa tidak, Poklasar ikan yang mewakili Kabupaten Sijunjung dalam lomba Unit Pengolah Ikan (UPI) tingkat Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih juara II. Keberhasilan Poklasar ini tentu tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan dinas terkait.

” Alhamdulillah, Poklasar Harapan Bunda juara dua lomba UPI tingkat Provinsi Sumatera Barat,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Sutarto, Selasa (1/11).

Atas kesuksesan tersebut, sebut Sutarto, Poklasar Harapan Bunda Nagari Unggan mengantongi piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp7 juta dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Kata Sutarto, Poklasar Harapan Bunda yang berhasil membawa nama harum Kabupaten Sijunjung dalam lomba bergensi tersebut berdiri tahun 2013 lalu. Kelompok yang beranggotakan lima orang ini diketuai, Siti.

Sejak berdiri, sambung dia, Poklasar Harapan Bunda telah memproduksi berbagai macam produk makanan berbahan ikan.Sedikitnya, ada beberapa produk makanan olahan berbahan ikan yang telah dihasilkan kelompok ini.

“ Produk makanan olahan ikan Harapan Bunda ini berupa stik ikan, kerupuk ikan, kristi ikanroti ikan dan lemper ikan,” sebut Sutarto.

Produk makanan olahan berbahan ikan lele, lanjut Kabid Perikanan, telah dikenal.Bahkan, makanan olahan ikan produksi Poklasar Harapan Bunda ini, dipasarkan hingga ke kabupaten tetangga.

Tak heran, usaha yang dirintis kaum ibu-ibu di Nagari Unggan semakin maju.” Per minggu,rata-rata menghabiskan ikan sebanyak 20 kg,” katanya.

Sutarto sendiri mengatakan, pihaknya selaku dinas terkait terus memberikan pelatihan dan melengkapi sarana dan prasarana kepada kelompok pengolah dan pemasar ikan.

Tujuannya, selain mengkampanyekan gerakan makan ikan, juga dimaksud untuk menambah penghasilan ibu-ibu.“Usaha ini merupakan peluang bisnis yang memiliki prospek cerah,” ujarnya.-zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.