Portal Kabupaten Sijunjung

PKK KAMANG DINILAI TIM SUMBAR

0

Dari 62 PKK nagari di Kabupaten Sijunjung, pada tahun 2016 ini PKK Kamang, Kecamatan Kamang Baru terpilih sebagai terbaik pertama dalam melaksanakan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan (KG PKK KB Kes).

Atas keberhasilannya sebagai terbaik pertama, selain menerima piala dan piagam penghargaan dari Pemkab, PKK Kamang juga dipercaya mewakili Kabupaten Sijunjung dalam mengikuti penilaian kegiatan KG PKK KB Kes tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Penilain untuk tingkat provinsi, dilakukan Rabu (14/12) oleh tim Sumbar yang dipimpin wakil ketua tim penggerak PKK Sumbar Ny. Hj. Wartawati Nasrul Abit, dengan anggota  Bahrizal Basir, Ny. Elly Yosmerry (tim penggerak PKK Sumbar), Nurmalawati  (Dinas Kesehatan Sumbar) dan Asrul Effendi (perwakilan BKKBN Sumbar).

Selain Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, penilaian PKK Kamang juga dihadiri  kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pengurus TP PKK kabupaten pengurus Persit dan Bhayangkari, camat, pimpinan puskesmas, penyuluh KB se-Kabupaten Sijunjung, Muspika, pengurus TP PKK kecamatan, walinagari se-Kecamatan Kamang Baru serta alim ulama, ninik mamak, cadiak pandai, bundo kanduang, pemuda dan kepala jorong se-Nagari Kamang.

Bupati Yuswir Arifin  mengatakan, dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan, TP PKK Kabupaten Sijunjung selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan seluru SKPD sebagai mitra kerja dan selaku dewan pembina PKK.

Hasil dari koordinasi dan kerjasama itu, dalam tahun 2016 ini banyak prestasi yang diraih PKK Kabupaten Sijunjung, baik di tingkat nasional mau pun di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Prestasi di tingkat nasional, penghargaan Manggala Karya Kecana dan juara I motivator KB pria.

Sedangkan prestasi di tingkat Sumbar, juara II lomba Balita, juara III lomba kelompok KB pria, juara III lomba dance icon gendre, juara III lomba pionering, harapan I lomba debat jambore IMP, Posyandu Kenanga meraih enam pin emas, enam puskesmas dapat akreditasi serta penghargaan sebagai kader lestari masa bakti 30, 20, 15 dan 10 tahun,  urai bupati.

Wakil ketua tim penggerak PKK Sumbar Ny.  Wartawati Nasrul Abit selaku ketua tim penilai mengatakan, kegiatan kesatuan gerak PKK KB kes bertujuan meningkatkan kepedulian dan peran serta yang akhirnya menciptakan satu komitmen seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan langkah nyata meningkatkan kesadaran dan keikutsertaan keluarga untuk aktif dalam program keluarga berencana, kesehatan serta pemberdayaan dan peningkatan peran perempuan.

Penilaian kegiatan KG PKK KB Kes yang dilakukan sejak bebera tahun lalu, telah memberikan kontribusi yang nyata dalam merealisasikan target kerja kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga serta pembangunan kesehatan dan pemberdayaan perempuan.

”Berkaitan dengan itu, melalui bulan intensifikasi dan ekstensifikasi pelayanan dan penyuluhan, kita berharap kesadaran masyarakat makin tumbuh terhadap pentingnya kesehatan serta keikutsertaan dalam keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan,” harap Ny.  Wartawati Nasrul Abit. -nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.