Portal Kabupaten Sijunjung

PERSONEL DAMKAR AKAN DIASURANSIKAN

0

Kabar baik bagi personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sijunjung. Pemerintah Kabupaten Sijunjung bakal mengusulkan anggaran asuransi bagi personel Damkar yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“ Kepala BPBD, agar segera mengkonsep anggaran untuk asuransi personel Damkar ,” kata Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy ketika membuka pelatihan dasar pemadam I bagi personil Damkar di gedung SKB Muaro Sijunjung, Senin (1/8).

Kata Arrival Boy, asuransi bagi personel damkar sangat penting untuk menjamin perlindungan dalam melaksanakan tugas.Apalagi tugas yang dilakukan personel damkar cukup berat.

Bahkan, katanya, resiko yang dihadapi petugas dilapangan sangat  tinggi. Wabup sendiri, secara lisan sudah membicarakan rencana asuransi bagi petugas damkar dengan Ketua DPRD.

” Secara lisan sudah kita sampaikan dengan DPRD, namun tentu perlu pembahasan lebih lanjut,” ucap kader partai Golkar Kabupaten Sijunjung.

Adanya rencana perlindungan asuransi disambut positif personel damkar Sijunjung. Bahkan, personel damkar Solok Selatan dan Kota Padang Panjang yang bergabung mengikuti pelatihan dasar pemadam I ini memberikan aplaus kepada Wakil Bupati Arrival Boy terkait perlindungan asuransi tersebut.

Dalam sambutan tertulis, Wakil Bupati Arrival Boy mengatakan, ada sembilan prinsip yang harus diperhatikan petugas damkar dalam penanggulangan bencana kebakaran. Diantaranya, prinsip cepat dan tepat, prioritas, koordinasi, keterpaduan dan prinsip berdaya guna.

Prinsip lainnya, sambung Wakil Bupati, prinsip berhasil guna, akuntabilitas, nondiskriminasi dan prinsip nonproletisi.” Prinsip-prinsip ini harus diperhatikan petugas dalam penanggulangan bencana,” ingat Arrival Boy.

Dan tak kalah pentingnya, kata Arrival Boy, melakukan koordinasi terpadu dengan  instansi pemerintah lainnya, termasuk dengan lembaga usaha dan masyarakat.”Penanggulangan bencana ini tanggungjawab kita semua, baik pemerintah, lembaga usah dan masyarakat,” ucapnya.

Kepala BPBD Kabupaten Sijunjung, Hardiwan melaporkan, pelatihan dasar pemadam I ini diikuti 37 personel damkar dari Kabupaten Sijunjung, Solok Selatan dan Kota Padang Panjang.

Rincinannya, sebut Hardiwan, sebanyak 24 personel dari kabupaten Sijunjung, 10 personel dari Solok Selatan dan tiga personel dari Kota Padang Panjang.” Pelatihan ini diikuti 37 personel,” ucapnya.

Pelatihan yang berlangsung selama enam hari menghadirkan narasumber dari pusat, Kodim 0310 SSD, Polres Sijunjung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung. ”Disamping meningkatkan disiplin dan mental, peserta juga dibekali ilmu kesehatan,” katanya.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.