Portal Kabupaten Sijunjung

PERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI RAMADHAN

0

Buya  H. A. Rahman menghimbau kaum muslimin dan muslimat  untuk berdoa dan mempersiapkan diri sematang mungkin guna menghadapi Bulan Ramadhan yang suci dan mulia.

Karena Ramadhan 1438 H sudah semakin dekat, diperkirakan awalnya 26 Mei mendatang, kaum muslimin yang senantiasa mencari keredahan Allah SWT, diimbau selalu berdoa untuk keselamatan diri, supaya bisa bertemu dan mengerjakan amal ibadah di bulan yang penuh berkah dan pengampunan itu, kata A. Rahman, Jumat  (5/5), di Muaro Sijunjung.

Selain berdoa, kaum muslimin juga diharapkan mempersiapkan diri sematang mungkin, agar amal kebajikan yang diperbuat dalam Ramadhan, terlaksana sesuai rukun dan syaratnya.

Di sisi lain buya mengatakan, seandainya kaum muslimin dan muslimat mengetaui betapa besar dan agungnya nilai-nilai yang terkandung dalam Ramadhan, pasti mereka berharap seluruh bulan dijadikan Ramadhan.

Namun karena sebagian umat tidak mengetaui nilai-nilai yang terkandung itu, mereka tidak begitu harap dengan kedatangan Ramadhan serta tidak mengisinya dengan perbuatan amal yang penuh perhitungan.

“Untuk itu, bagi kaum muslimin yang mengetaui betapa banyaknya keberuntungan yang bisa dipetik dalam bulan Ramadhan, mari kita songsong bulan yang penuh rahmat dan berkah itu dengan doa dan persiapan yang matang, supaya kita bisa mengisinya sebaik dan sesempurna mungkin dengan amal kebajikan” imbau A. Rahman.

Selain menunaikan ibadah puasa di siang hari, kaum muslimin juga diimbau untuk menyemarakan malam Ramadhan dengan cara mendirikan Shalat Tarweh dan Witir berjemaah serta bertadarus mengumandangkan ayat suci Al Quran, di masjid, mushalla dan di surau serta di rumah.

Menurut buya, disamping berfungsi untuk mengendalikan serta menguasai hawa nafsu, orang yang melaksanakan puasa dengan baik dan benar juga akan dapat merasakan betapa pedihnya penderitaan saudaranya yang hidup dalam serba berkekurangan yang kadangkala makan kadangkala tidak, sehingga dengan demikian akan tergerak hatinya untuk mendermakan sebagian hartanya kepada fakir miskin, yatim piatu dan anak terlantar.

Disamping doa dan persiapan yang matang, buya A. Rahman juga mengimbau kaum muslimin menyonsong bulan Ramadhan 1438 H dengan membersihkan jalan menuju surau, mushala dan masjid serta lingkungannya, karena bulan baik ini hendaknya juga dimasuki dengan kebaikan dan kebersihan. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.