Portal Kabupaten Sijunjung

PERLU TEROBOSAN BARU DALAM MENGELOLA BUMD

0

DPRD Sijunjung meminta pemerintah untuk membuat terobosan baru dalam mengelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Perusahaan Daerah (Perusda). Lantaran, kinerja BUMD  yang belum memuaskan.

“Terkait dengan kinerja BUMD maupun perusda yang belum memuaskan diperlukan beberapa terobosan,”ungkap ketua Komisi III DPRD Sijunjung, H.Daswanto,SE.

Ia mengutarakan, bahwa terobosan yang perlu dilaksanakan ia dengan peremajaan Manajemen, sebagai pemegang saham mayoritas, pemerintah harus mempertimbangkan  untuk melakukan peremajaan manajamen agar lebih progresif dalam mengembangkan perusahaan, kemudian evaluasi penyertaan modal dan pembaharuan kontrak pemerintah daerah harus melakukan evaluasi yang penyertaan modal pada semua perusahaan/BPR.

Sebaikanya pemerintah daerah melakukan disvestasi pada perusahaan yang tidak memberikan kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mengalihkannya pada investasi yang lebih menguntungkan. Perlu dipertimbangkan untuk melakukan pembaharuan kontrak dengan BUMD untuk memperjelas hal dan kewajiban pemerintah daerah.

Selain itu, perlu penerapan Standar Akuntansi Keuangan- entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) untuk meningkatkan akuntabilitas perusahaan. Penerapan SAK ETAP merupakan keharusan. Apalagi kesembrautan terkait pelaporan keuangan Perusda karena pelaporan belum sesuai standar akuntansi.

Hal yang sama juga disampaikan Aroni Basri, anggota Komisi II DPRD Sijunjung, pemerintah harus menetukan batas waktu penyertaan modal pada BUMD maupun Perusda termasuk pada pihak ketiga. “Kita harus menentukan sikap, sampai kapan waktu kita memberikan penyertaan modal tersebut,”ungkap politikus     PAN ini.

Hal itu dilaksanakan untuk membatasi penyertaan modal pemerintah pada pihak ketiga. Pemerintah harus menentukan, kapan waktu meraih hasil yang maksimal untuk mendapatkan keuntungan. “jika tidak menguntungkan , sebaiknya perda penyertaan modal tersebut segera di dicabut, tambah Aroni – PDE1.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.