Portal Kabupaten Sijunjung

PERINGATI HARI KESEHATAN NASIONAL DAN HARI TOILET SEDUNIA, DINKES SIJUNJUNG ADAKAN SENAM MASSAL

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Kesehatan menggelar senam massal di depan kantor dinas dan peresmian pameran buah oleh Puskesmas per Kecamatan se Kabupaten Sijunjung sebagai rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 54, sekaligus memperingati Hari Toilet se dunia di depan kantor Dinas Kesehatan Sijunjung Minggu (25/11).

Dibuka Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, turut dihadiri Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Ketua DPRD Sijunjung, Yusnidarti, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, serta masyarakat sekitar.
Kondisi sanitasi di Indonesia secara umum belum bisa dianggap baik. Masalah sanitasi seperti belum adanya toilet yang layak dan membuat warga memilih untuk buang air besar di tempat terbuka seperti sungai, atau tanah kosong, masih sering ditemukan.


Hari toilet sedunia atau world toilet day merupakan sebuah kampanye untuk memberikan motivasi dan menggerakan penduduk dunia mengenai pentingnya sanitasi program, yang pertama kali dibentuk pada 19 Noember tahun 2001.

Yuswir Arifin menyampaikan peringatan hari toilet sedunia ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk memicu peran serta masyarakat dalam rangka mengatasi krisis sanitasi.
” Karena kita ketahui masyarakat kita belum semuanya peduli dengan sanitasi atau jamban keluarga. Harapan kita juga memontum hari toilet sedunia ini ada tiga di Indonesia tempatnya dan salah satunya di Sijunjung”, ujar Bupati.

“Hal ini merupakan kebanggaan bagi kita tentunya, sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia No 1 tahun 2007 tentang hidup bersih dan sehat. Karena ini merupakan cambuk bagi kita semua, sesuai target ODF 2019 harus selesai masalah sanitasi di Kabupaten kita, sesuai dengan MOU seluruh Wali Nagari di Kabupaten Sijunjung, kalau hanya sekedar MOU tentu belum akan berjalan dengan sebagaimana mestinya” jelasnya.
” Tentu kita semua harus berkomitmen, seluruh OPD yang terkait, Puskesmas yang ada di Kabupaten Sijunjung, dan semua masyarakat tentunya”, sambungnya.


“ Salah satu contohnya adalah Nagari Guguak telah bisa membuat closed sendiri. Karena kesehatan yang baik adalah hal yang paling berharga bagi setiap orang. Dikarenakan saat orang sehat mereka dapat belajar, bekerja, mendukung diri nya sendiri saat mereka sakit dan yang lain nya menjadi tidak berarti apa apa. Mulai lah hidup sehat dari diri kita sendiri dan keluarga, karena hal yang besar itu di awali dari hal hal kecil”, pesan Bupati.(iyoy_-diskominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.