Portal Kabupaten Sijunjung

Perdana Kegiatan Koordinasi di GIC Sijunjung

0

Muaro, MC Sijunjung – Kabupaten Sijunjung cukup berbangga hati dengan adanya geosite (kawasan Geopark) yang merupakan kawasan yang dibentuk langsung oleh tangan pencipta alam semesta ini. Karena kawasan geologi yang terdapat di Silokek Kabupaten Sijunjung juga sudah menjadi kawasan Goepark Nasional, dan dengan harapan bisa menjadi salah satu kawasan dari UNESCO Global Geopark.

Hari ini, Jumat (26/4/19) perdana dilaksanakannya koordinasi terkait dengan pengembangan kawasan Geopark Silokek di Gedung Geopark Information Centre (GIC), Muaro Sijunjung, yang baru saja diresmikan kemaren, Kamis (25/4/19) oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

GIC merupakan pusat informasi bagi masyarakat yang ingin mencari informasi terkait dengan Geopark Silokek, serta tempat bekerja para tim dalam pengembangan kawasan Geopark Silokek ini.

Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari Perpres nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (Geopark), yang sosialisasinya diselenggarakan tanggal 25 April lalu di Jakarta.

Kegiatan tersebut diselenggarakan langsung oleh staf Kepresidenan Republik Indonesia, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan dan langsung ditindaklanjuti dengan koordinasi hari ini.

Kegiatan koordinasi dipimpin lansung oleh Sekda Kabupaten Sijunjung, dengan agenda pengembangan kawasan Geopark Silokek dari berbagai aspek. Koordinasi ini dihadiri lansung oleh Tim Pengembangan Geopark Ranah minang Silokek yang di ketua oleh bapak Febrin Anas. Selain itu juga dihadiri oleh beberapa OPD yang terkait dengan proses pengembangan ini.

Sekda menekankan agar dilakukan percepatan terkait dengan pembangunan kawasan ini. ” Geopark Silokek sudah menjadi branding Kabupaten Sijunjung, sehingga apa pun kegiatan dan promosi yang dilakukan akan memakai branding tersebut,” jelasnya.

Selanjutnya, Febrin Anas selaku ketua tim berharap adanya prioritas pelaksanaan dari sembilan unsur yang salah satunya adalah pembuatan Masterplan Silokek.

” Dari sembilan unsur tersebut salah satunya telah dicapai Kabupaten Sijunjung dengan adanya ruangan Sekretariat Badan Pengelola yang berpusat di Gedung GIC Sijunjung. Sehingga dengan unsur-unsur tersebut dapat menunjang percepatan pembangunan kawasan Geopark Silokek Kabupaten Sijunjung,” tuturnya.(Feby/Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.