Portal Kabupaten Sijunjung

PERDA PENANAMAN MODAL DISOSIALISASIKAN

0

Peraturan Daerah (Perda) Nomor tahun 2015 tentang penanaman modal disosialisasikan kepada pelaku usaha yang berinvestasi di Kabupaten Sijunjung. Sosialisasi yang dilaksanakan Badan Lingkungan Hidup Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BLHPMPT) Kabupaten Sijunjung digelar di hotel Bukik Gadang, Senin (23/5.

Sekretaris Saerah Kabupaten Sijunjung, AT. Rohendi ketika membuka sosialisasi itu mengatakan, Pemerintah Daerah bertanggung jawab memberikan jaminan dan perlindungan bagi penanam modal, baik dalam negeri mapun luar negeri.

Ada lima jaminan dan perlindungan yang diperoleh penanam modal.Pertama, sebut Sekdakan, jaminan memperoleh perlakukan yang sama dan adil dalam kegiatan penanam modal di daerah.Selain perlakukan yang sama dan adil, para pelaku usaha juga mendapatkan kepastian hak, hukum dan perlindungan.

Kemudian, mendapatkan informasi yang terbuka untuk bidang usaha yang dijalankan, dan mendapatkan pelayanan serta fasilitas kemudahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kendati mendapat jaminan dan perlindungan, namun penanam modal harus memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan mengutamakan tenaga kerja daerah.”Penanam modal berhak menggunakan tenaga ahli warga asing untuk jabatan keahlian, tapi untuk tenaga kerja kasar jangan didatangkan pula dari luar,” pesannya.

Disisi lain, Sekdakab, juga memaparkan kondisi keamanan di kabupaten Sijunjung.Selama Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati, Kabupaten Sijunjung merupakan daerah yang paling aman di Sumatera Barat.

Kepala BLHPMPT Sijunjung, Syukri melaporkan, sosialisasi Perda penanaman modal  dilakukan agar perusahaan yang menanamkan modalnya memahami hakekat dan makna Perda tersebut,

Selain memahami hakekat dan makna Perda, sambung Syukri, sosialisasi ini juga dimaksud meningkatkan pengetahuan peserta tentang hak dan kewajiban sebagai pelaku usaha.

Dan tak kalah pentingnya, pelaku usaha dapat mengenali potensi yang ada di daerah ini.” Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam mengakses berbagai potensi sumber daya, peluang usaha dan sumber permodalan,” jelasnya.

Sosialisasi sehari itu menghadirkan narasumber, Sekdakab, AT Rohendi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan PPT Provinsi Sumbar, Masrul Zein, Kepala BLHPMPT, Syukri, Kepala Bidang Pelayanan Terpadu BLHPMPT Sijunjung, Yulwaren dan Kepala Bidang Penanaman Modal BLHPMPT Sijunjung, Suhril.zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.