Portal Kabupaten Sijunjung

PENONTON ANTUSIAS SAKSIKAN PENAMPILAN SIJUNJUNG

0

Sejumlah penonton terlihat antusias menyaksikan penampilan seni daerah yang ditampilkan kader PKK Kabupaten Sijunjung di panggung utama Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (17/7).

Adapun seni daerah yang ditampilkan Kabupaten Sijunjung kesenian daerah tari tanduak.
Tari Tanduak merupalan tari yang berasal berasal dari kerajaan Jambu Lipo Kecamatan Lubuak Tarok Kabupaten Sijunjung.

Tari ini adalah tari yang mengandung nilai seni dan sejarah yang mengambarkan adu kerbau antara Suku Pulau Paco di Minangkabau dengan kerajaan Madang Kamulan Majopahit dan juga mengisyaratkan pertikaian antara masyarakat Sembilan Koto di Koto Tuo Muaro Karimo dengan Duo Baleh Koto Halaban Muaro Sibakua sebagai latar belakang berdirinya Nagari Lubuk Tarok.

Dulunya tari Tanduak hanya ditampilkan dalam upacara penyambutan tamu-tamu kerajaan dan jika tari Tanduak tidak ditampilkan maka tamu kerajaan tidak akan naik ke Istana.

Pada kesempatan itu tari tanduak ditampilkan 7 orang penari yang terdiri dari Ny.Wit zefnihan, Ny. Mulida Khalfian, Dewi Mayza Lenny, Edri Fawziah, Fajar Denta Ramadhan, Putri Mayang Sari dengan memakai kostum sarawa tapak itiak, baju taluak balango, deta jo kain sencong dan pemain musik 8 orang.

Ketua TP-PKK Sumatera Barat, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ketua Dharma Wanita Provinsi Sumatera Barat, Ketua TP-PKK Sijunjung juga ikut menyaksikan penampilan seni daerah tersebut.(Diko/Noven)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.