Portal Kabupaten Sijunjung

PENGURUS MASJID TAQWA SANTUNI ANAK YATIM

0

Pengurus Masjid Taqwa Muaro, Kabupaten Sijunjung berikan santunan dana  Rp53,4 juta kepada 153  anak yatim dan 75 kaum duhafa.

“Santunan yang bertujuan membantu para penerimanya dalam menghadapi hari Raya Idul Fitri 1437 H, kami serahkan dua hari sebelum lebaran, di Masjid Taqwa,” kata pengurus masjid tersebut; H. Zainal Wanna, seusai Shalat Id di Lapangan M. Yamin Muaro Sijunjung.

Dengan indeks Rp300 ribu perorang, anak yatim yang menerima santunan,  berdomisili di Nagari Muaro dan sekitarnya. Begitu pula kaum duhafa, juga warga Muaro dan sekitarnya, ulas Zainal Wanna didampingi pengurus Masjid Taqwa yang lain.

 “Sebetulnya kami pengurus Masjid Taqwa ingin memberikan santunan dengan nilai indeks yang sama antara anak yatim dengan kaum duhafa. Tapi karena jumlah penerima cukup banyak, sementara dana yang tersedia terbatas, nilainya terpaksa kami bedakan. Pertimbangannya lebih baik kaum duhafa itu menerima santunan sedikit dari tidak sama sekali,” kata para pengurus masjid itu.

Di sisi lain Zainal Wanna mengatakan, sebanyak Rp53,4 juta santunan yang diserahkan kepada 153  anak yatim dan 75 kaum duhafa, dihimpun pengurus Masjid Taqwa dari kaum muslimin melalui celengan Jumat dalam tahun 2016 ini.

Menyantuni anak yatim rutin dilakukan pengurus Masjid Taqwa Muaro setiap menjelang lebaran sejak bebera tahun lalu. Tujuannya, supaya anak yang sudah kehilangan orangtua itu bergembiraria pada hari raya Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan umat Islam yang  menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan dengan penuh perhitungan.

“Hari raya Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat Islam yang  menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan dengan penuh perhitungan. Makanya kami berusaha agar anak yatim bergembiraria di hari kemenangan itu sebagaimana anak yang masih mempunyai orangtua.” kata Zainal Wanna, pensiunan  yang peduli dan perhatian terhadap agama, kegiatan sosial dan kegiatan kemasyarakatan. –nas@sijunjung.go.id

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.