Portal Kabupaten Sijunjung

PENGURUS DEKRANASDA DILANTIK

0

Ketua umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sijunjung Ny. Hj. En Yuswir Arifin melantik pengurus Dekranasda setempat, Jumat (24/3), di aula rumah dinas bupati.

Sedangkan Ny. En Yuswir Arifin sebagai ketua umum Dekranasda Kabupaten Sijunjung, dilantik oleh ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny. Hj. Nevi Irwan Prayitno, 17 Februari 2017, di aula Kantor Gubernur Sumbar.

Pengurus Dekranasda Kabupaten Sijunjung periode 2016-2021 yang dilantik, wakil ketua Ny. Hj, Ria Arrival Boy, ketua harian Em Yasri, sekretaris Hendri Nurka, wakil sekretaris Zulkifli dan bendahara Dolla Ezria.

Pengurus dilengkapi dengan bidang daya saing produk, bidang kreatif dan kerjasama, bidang promosi, humas dan publikasi serta bidang pendanaan.

Pelantikan yang berlangsung sederhana, dihadiri ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sijunjung serta pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Ny. En Yuswir Arifin mengatakan, guna memaju kembangkan IKM, salah satunya tenun songket Unggan, cukup banyak kegiatan yang dilakukan Dekranasda bersama Pemda Kabupaten Sijunjung melalui kerjasama dengan lembaga lain.

Kegiatan yang baru selesai dilaksanakan adalah pogram kerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Padang. Dalam program itu, kegiatan yang dilakukan, pendidikan dan pelatihan (Diklat) menenun, sulam bayang dan menjahit.

Sebelumnya, bekerjasama dengan Institut Senin Indonesia (ISI) Padang Panjang, Dekranasda bersama Pemda Sijunjung juga telah melaksanakan program hi-lingk, yaitu penciptaan 30 motif baru yang langsung dipatenkan untuk tenun Unggan. Sekarang juga tengah dilakukan program kampung industri digital dengan PT. Telekom.

Sedangkan di awal April 2017 ini, Dekranasda bersama Pemda Sijunjung bekerjasama dengan aparatur Dinas Perindag Sumbar bidang non agro, akan menyelenggarakan pelatihan diversifikasi produk tenun di perkampungan adat Nagari Sijunjung. Setelah itu, pada 17 April, akan dilaksanakan Diklat membatik terhadap 70 masyarakat Kamang Baru, jelas Ny. En Yuswir Arifin.

Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny. Hj. Nevi Irwan Prayitno mengaku salut dan bangga melihat tingginya perhatian dan kepedulian Dekranasda dan Pemda Sijunjung terhadap IKM, sehingga berbagai upaya dilakukan guna memaju kembangkan industri rumah tangga itu.

“Terus terang saya salut dan bangga melihat tingginya perhatian dan kepedulian Dekranasda dan Pemda Sijunjung terhadap IKM, sehingga berbagai upaya dilakukan guna memaju kembangkan industri rumah tangga itu,” kata Ny. Nevi.

Sebagaimana diberitakan koran, guna memaju kembangkan IKM, berbagai cara dilakukan oleh Dekranasda dan Pemda Sijunjung. Diantaranya mempromosikan dan memasarkan hasil industri, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terhadap para pengerajin, menciptakan dan mematenkan 30 motif baru serta membangun gedung produksi tenun yang cukup anggun dan megah.

“Justru itu, dengan telah dilantiknya pengurus Dekranasda Kabupaten Sijunjung periode 2016-2021, saya berharap IKM di daerah ini makin maju dan berkembang. Karena kemajuan IKM bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, terutama pelaku IKM  itu,” kata Ny. Nevi Irwan Prayitno. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.